Penulis Utama : Dwi Kurniawati
NIM / NIP : K7112070
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama alus melalui penerapan model pembelajaran role playing pada siswa kelas IV SDN Gabus I Sragen tahun ajaran 2015/2016. 
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru bahasa Jawa kelas IV dan siswa kelas IV SDN Gabus I Sragen yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, penilaian unjuk kerja dan studi dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik model interaktif. 
Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama alus secara nyata pada siswa kelas IV SDN Gabus I Sragen tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama alus siswa pada tiap siklusnya. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata kelas keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama alus sebesar 58,2 dengan ketuntasan klasikal 26,3% atau sebanyak 10 siswa dari 38 siswa tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 72 dengan ketuntasan klasikal 65,8% atau sebanyak 25 siswa dari 38 siswa tuntas. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat lagi menjadi 81,8 dengan ketuntasan klasikal 89,5% atau sebanyak 34 siswa dari 38 siswa tuntas. 
Kata Kunci : Bahasa Jawa ragam krama alus, Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran, Role Playing

 

×
Penulis Utama : Dwi Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112070
Tahun : 2016
Judul : Penerapan model pembelajaran role playing untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa jawa ragam krama alus siswa kelas iv sdn gabus i Sragen tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112070-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Lies Lestari, M. Pd
2. Drs. Samidi, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.