Penulis Utama : Metta Rahma Melati
NIM / NIP : K8412049
×

Tujuan penelitian ini adalah, pertama mengetahui pemetaan ruang publik kafe di kota Surakarta. Kedua, mengetahui pola penggunaan ruang publik kafe oleh mahasiswa di Kota Surakarta. Ketiga, mengetahui konstruksi front stage dan realitas back stage mahasiswa dalam pola penggunaan ruang publik kafe di Kota Surakarta terkait teori dramaturgi.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan sejumlah empat mahasiswa. Pengumpulan data untuk melihat pemetaan ruang publik kafe di Kota Surakarta menggunakan metode observasi tak berstruktur. Untuk mengetahui pola penggunaan ruang publik kafe oleh mahasiswa di Kota Surakarta menggunakan metode wawancara terstrukutur. Selanjutnya untuk mengetahui konstruksi front stage dan realitas back stage mahasiswa dalam pola penggunaan ruang publik kafe di Kota Surakarta terkait teori dramaturgi menggunakan metode wawancara terstruktur.
Pemetaan kafe di Kota Surakarta dikelompokkan peneliti menjadi tiga bagian yaitu Solo Bagian Timur, Solo Bagian Tengah, dan Solo Bagian Barat. Pola penggunaan kafe oleh mahasiswa di ketahui sebagai berikut, kepentingan pribadi seperti pacaran, kualitas waktu dengan teman – teman, akdemik, waktu luang, dan kepentingan pekerjaan. Untuk konstruksi front stage dan realitas back stage mahasiswa di dapat sebagi berikut, informan mengkonstruksi dirinya agar orang lain terkesan. Namun realiatasnya, mereka menggunakan strategi tertentu untuk membangun kesan tersebut, seperti menyisihkan uang dan mencari tambahan pendapatan dengan bekerja secara freelance.
Kata kunci : Kafe, mahasiswa, dramaturgi

×
Penulis Utama : Metta Rahma Melati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412049
Tahun : 2016
Judul : Analisis Konsep Dramaturgi Erving Goffman Dalam Pola Penggunaan Ruang Publik Kafe oleh Mahasiswa di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi-Antropologi-K.8412049-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siany Indria Liestyasari, S.Ant, M.Hum.
2. Dr.rer.nat. Nurhadi, S.Ant, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.