Penulis Utama : Noviana Sulistyawati
NIM / NIP : D0112067
×

Indonesia sebagai negara yang menganut prinsip partisipasi dalam penyelenggaraan pemerintahan melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun rencana pembangunan dari tingkat kelurahan sampai nasional. Kota Surakarta sebagai salah satu pilot project Kota Layak Anak mengikutsertakan kelompok anak dalam pelaksanaan musrenbang melalui perwakilan Forum Anak. Pucangsawit adalah salah satu kelurahan di Kota Surakarta yang sudah melibatkan anak dalam musyawarah perencanaan pembangunan kelurahan (Musrenbangkel) setiap tahunnya, namun sampai saat ini kualitas partisipasi anak masih rendah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha-usaha peningkatan partisipasi anak dalam musrenbang di Kelurahan Pucangsawit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder, yang dikumpulkan melalui wawancara, FGD dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi dengan memanfaatkan sumber data yang terkumpul. Data dianalisis menggunakan model interaktif berdasarkan aspek-aspek yang telah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktor-aktor peningkatan partisipasi anak (Kelurahan Pucangsawit, Anak, Kelurahan Layak Anak, Karang Taruna Indonesia dan Yayasan KAKAK) sudah melakukan usaha-usaha guna meningkatkan partisipasi anak. Peningkatan partisipasi yang dilakukan sudah sesuai aspek-aspek peningkatan partisipasi yaitu penguatan kapasitas kritis anak dan keterampilan politik, mendorong timbulnya pemikiran kreatif, perlindungan agar keberdayaan dapat berkembang. Namun dalam pelaksanaannya masih belum optimal karena ada kendala dan hambatan dari masing-masing aktor.
Kata kunci : Musrenbang, Partisipasi, Anak, Forum Anak

×
Penulis Utama : Noviana Sulistyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112067
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Partisipasi Anak Dalam Musrenbangkel Pucangsawit
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D.0112067-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Suharsono, MS.
2. Drs. Is Hadri Utomo, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.