Penulis Utama : Agustaf Didit Maryos
NIM / NIP : S250908002
×

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perkotaan (PNPM MP) merupakan kelanjutan dari Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) dirancang secara berbeda dengan basis atau modal dasar kemandirian masyarakat itu sendiri secara partisipatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk partisipasi, tingkat partisipasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam Program PNPM Mandiri Perkotaan di Desa Bakipandeyan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan strategi studi kasus deskriptif kuantitatif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, rekaman arsip, wawancara, dan observasi langsung. Unit analisis adalah Kelompok BKM Amanah dalam program PNPM Mandiri di Desa Bakipandeyan Kabupaten Sukoharjo. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk partisipasi masyarakat dalam program PNPM MP ini sebagian besar responden menginginkan pelaksanaan program diserahkan kepada Pemerintah Desa, BKM, dan Masyarakat. Tingkat partisipasi masyarakat secara keseluruhan dalam program PNPM Mandiri Perkotaan dilihat dari kehadiran, dalam berdiskusi, hal yang menyangkut fisik, dan dalam hal membayar sumbangan, ini termasuk dalam kategori Partnership atau tangga keenam yaitu kekuasaan disalurkan melalui negoisasi antara pemegang kekuasaan dengan masyarakat dengan memikul tanggung jawab secara bersama-sama. Faktor-Faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat pada umumnya usia antara 41-50 tahun. Jenis kelamin lebih banyak didominasi laki-laki. Tingkat pendidikan umumnya adalah SMA. Jenis pekerjaan kebanyakan sebagai wiraswasta. Pendapatan rata-rata sebesar 1 - 2,5 juta per bulan. Sedangkan lama bertempat tinggal umumnya lebih dari 10 tahun.

Kata Kunci : Partisipasi, PNPM MP

×
Penulis Utama : Agustaf Didit Maryos
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S250908002
Tahun : 2016
Judul : Partisipasi Masyarakat dalam Program PNPM Mandiri Perkotaan (Studi Kasus di Desa Bakipandeyan Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Sosiologi-S.250908002-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. RB. Soemanto, MA
2. Drs. Y. Slamet, MSc., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.