Penulis Utama : Rosandi Surya Wijaya
NIM / NIP : K2512064
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan hubungan antara penerapan Work Preparation Sheet (WPS) dengan keterampilan membuat ulir pada mata pelajaran praktik operasi mesin bubut lanjut di SMK Bhinneka Karya Surakarta, (2) menemukan hubungan antara peran instruktur dengan keterampilan membuat ulir pada mata pelajaran praktik operasi mesin bubut lanjut di SMK Bhinneka Karya Surakarta, (3) menemukan hubungan penerapan Work Preparation Sheet (WPS)  antara peran instruktur secara simultan dengan keterampilan membuat ulir square pada mata pelajaran praktik operasi mesin bubut lanjut di SMK Bhinneka Karya Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Mesin Produksi di SMK Bhinneka Karya Surakarta dengan jumlah 106 siswa. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan tabel Issac-Michael yaitu sebanyak 84 siswa. Anggota sampel ditunjuk dengan menggunakan teknik simple random sampling.  Variabel yang diuji dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yaitu penerapan Work Preparation Sheet (WPS) dan peran instruktur, serta satu variabel terikat yaitu keterampilan membuat ulir square. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data penerapan Work Preparation Sheet (WPS) dan peran instruktur, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data variabel keterampilan membuat ulir square. Uji coba angket dilakukan terhadap 35 siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Mesin di SMK Bhinneka Karya Surakarta. Uji validitas menggunakan rumus product moment, selanjutnya dilakukan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Proses olah data ini menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 21.0. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi partial dan regresi linier ganda.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada hubungan positif yang signifikan antara penerapan Work Preparation Sheet (WPS) dan keterampilan membuat ulir square pada mata pelajaran praktik operasi mesin bubut lanjut di SMK Bhinneka Karya Surakarta (rhitung > rtabel atau 0,662 > 0,179, pada taraf signifikasi 5%), sehingga hipotesis pertama teruji kebenaranya. (2) ada hubungan positif antara 

peran instruktur dan keterampilan membuat ulir square pada mata pelajaran praktik operasi mesin bubut lanjut di SMK Bhinneka Karya Surakarta (rhitung > rtabel atau 0,645 > 0,179, pada taraf signifikasi 5%). (3) ada hubungan positif yang signifikan antara penerapan Work Preparation Sheet (WPS) dan peran instruktur secara simultan dengan keterampilan membuat ulir square pada mata pelajaran praktik operasi mesin bubut lanjut di SMK Bhinneka Karya Surakarta. (ry12 = 0,559 dengan Fhitung > Ftabel yaitu 51,292 >3,11 pada taraf signifikasi 5%), sehingga hipotesis ketiga teruji kebenaranya. Sumbangan efektif yang diberikan variabel penerapan Work Preparation Sheet (WPS) terhadap keterampilan membuat ulir square adalah 43,9%, sedangkan variabel peran instruktur memberikan sumbangan efektif sebesar 12%. Hal ini menunjukkan bahwa kedua variabel memberikan sumbangan efektif terhadap keterampilan membuat ulir square sebesar 55,9% masih ada 44,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Model hubungan X1 dan X2 terhadap Y adalah Y= 67,297 + 0,156 X1  + 0,085 X2. Hubungan penerapan Work Preparation Sheet (WPS) sebagai media pembelajaran praktik serta peran instruktur sebagai pendamping praktik menghasilkan efisiensi praktik mesin bubut siswa dalam membuat ulir square dari segi waktu pengerjaan lebih cepat dan nilai praktik meningkat.

Kata Kunci : Work Preparation Sheet (WPS, Instruktur, Ulir Square, Efisiensi Praktik Mesin Bubut.

×
Penulis Utama : Rosandi Surya Wijaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512064
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Penerapan Work Preparation Sheet (WPS) dan Peran Instruktur dengan Keterampilan Membuat Ulir Square pada Mata Pelajaran Praktik Operasi Mesin Bubut Lanjut di SMK Bhinneka Karya Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2512064-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd.
2. Dr. Eng. Nyenyep Sriwardani, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.