Penulis Utama : Sri Wahyu Harjanti
NIM / NIP : S991204019
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan panduan praktik yang valid untuk meningkatkan keterampilan teknik presentasi bisnis peserta didik jurusan pemasaran di SMK Negeri 3 Surakarta, 2) menganalisis keefektifan panduan praktik untuk meningkatkan keterampilan teknik presentasi bisnis pada peserta didik jurursan pemasaran di SMK Negeri 3 Surakarta. Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan lima langkah dari langkah research and development, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan bentuk awal produk, 4) uji terbatas, 5) revisi produk uji terbatas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Pemasaran SMK Negeri 3 Surakarta semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang mempelajari mata pelajaran komunikasi bisnis, terdiri dari tiga kelas dengan jumlah 95 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling dengan kelas XI PM 2 sebagai eksperimen dan XI PM 3 sebagai kontrol.
Analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk menilai lembar validasi ahli dan angket peserta didik, sedangkan analisis kuantitatif menggunakan uji-t. Nilai dari lembar validasi ahli digunakan untuk mengetahui kevalidan produk, sedangkan uji-t digunakan untuk mengetahui keefektifan produk.
Nilai validasi produk yang diperoleh dari ahli media pembelajaran sebesar 83%, ahli materi pembelajaran pertama sebesar 97%, ahli materi pembelajaran kedua sebesar 88%, ahli bahasa 96%, dan praktisi sebesar 95% menunjukkan rata-rata kevalidan produk sebesar 92% yang artinya memiliki kualifikasi sangat baik. Pada uji lapangan terdapat perbedaan signifikan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,00< α (0,05). Nilai yang diperoleh dari validasi dan uji terbatas menunjukkan bahwa produk pengembangan panduan praktik presentasi bisnis layak digunakan sebagai bahan pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan keterampilan teknik presentasi bisnis peserta didik.
Kata kunci: pengembangan produk, panduan praktik presentasi bisnis, keterampilan teknik presentasi bisnis

×
Penulis Utama : Sri Wahyu Harjanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991204019
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Panduan Praktik Untuk Meningkatkan Keterampilan Teknik Presentasi Bisnis pada Peserta Didik Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 3 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Pendidikan Ekonomi-S.991204019-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Trisno Martono, M.M.,
2. Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, M.S.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.