Penulis Utama : Bima Aria Teja
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S.111408002
Tahun : 2016
Judul : Kajian Stilistika Serat Ciptan Saben Esuk Karya R. M Partawiraya dan R. Prawiraharja
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Linguistik-S.111408002-2016
Subyek : KAJIAN STILISTIKA
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah manjelaskan: 1) kekhasan aspek bunyi bahasa yang terdapat di dalam naskah Sêrat Ciptan Sabên Esuk karya R. M Partawiraya dan R. Prawiraharja, 2) kekhasan pemanfaatan bentuk-bentuk kata arkais yang dapat mendukung keindahan di dalam naskah tersebut, 3) kekhasan penggunaan diksi di dalam naskah tersebut, 4) kekhasan penggunaan gaya bahasa kiasan, khususnya simile, metafora, perumpamaan epos, personifikasi, antitesis di dalam naskah tersebut, 5) aspek pencitraan yang ada di naskah tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil transliterasi naskah SCSE yang dilakukan oleh Teja pada tahun 2014 dan SCSE yang belum ditransliterasikan. Objek dalam penelitian ini adalah asonansi, aliterasi, dan repetisi, pemanfaatan bentuk-bentuk arkais, kekhasan gaya pengungkapan kebahasaan pengarang dari segi pilihan katanya (diksi), kekhasan penggunaan gaya bahasa kiasan yang terdiri dari: simile, metafora, perumpamaan epos, personifikasi, antitesis, dan berkaitan dengan aspek semantis, yaitu penggunaan aspek pencitraan. Data di dalam penelitian ini berupa tuturan-tuturan yang di dalamnya terdapat aspek stilistika sesuai dengan fokus penelitian. Pengambilan data menggunakan teknik simak dan catat. Analisis data yang dilakukan menggunakan metode padan ekstralingual.
Hasil penelitian menunjukkan di dalam Sêrat Ciptan Sabên Esuk yang berbentuk prosa terdapat penggunaan diksi yang berupa têmbung entar, plutan, dasanama, dan têmbung garba, purwakanthi berupa purwakanthi guru sastra dan purwakanthi guru swara, repetisi berupa repetisi epizeuksis, repetisi anafora, dan repetisi epistrofa, bentuk kata arkais berupa prefiks, infiks dan reduplikasi, gaya bahasa kiasan (bahasa figuratif) berupa simile, metafora, perumpamaan epos, personifikasi, dan antonimi, aspek pencitraan berupa citraan penglihatan, citraan pendengaran, citraan gerak, dan citraan perabaan.
Kata kunci: Sêrat Ciptan Sabên Esuk, stilistika, bunyi bahasa, bentuk kata arkais, diksi, bahasa kiasan, pencitraan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_0010.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sumarlam, M.S.
2. Prof. Dr. Soediro Satoto
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana