Penulis Utama : Dania Dini Nur Fauzi
NIM / NIP : D1513013
×

PT. Kusumahadi Santosa adalah perusahaan industri tekstil yang kegiatan utamanya adalah mengolah bahan baku mentah menjadi barang setengah jadi yaitu kain (kain grey). Persediaan bahan baku dalam suatu perusahaan harus dapat dikendalikan dengan sebaik-baiknya, baik itu persiapan penyelenggaraan bahan baku maupun pelaksanaannya. Agar pengadaan bahan baku dapat berjalan dengan efektif dan efisien maka diperlukan adanya administrasi yang baik dan benar. Untuk melakukan pengadaan bahan baku benang memerlukan pelaksanaan administrasi pembelian yang tepat bagi perusahaan untuk mendapatkan kuantitas dan kualitas bahan pada harga yang pantas. Karena sistem pengadaan bahan baku dengan administrasi yang tepat dapat menjamin kelancaran kegiatan dan perkembangan perusahaan dimasa yang akan datang.
Jenis pengamatan yang digunakan dalam pengamatan ini adalah Pengamatan deskriptif kualitatif yaitu yang bertujuan untuk mengetahui secara nyata pelaksanaan administrasi pengadaan bahan baku benang di PT. Kusumahadi Santosa. Metodologi analisis kualitatif digunakan sebagai metode pengamatan dalam penyusunan Tugas Akhir ini. Gambaran berkaitan segala sesuatu yang terkait dalam administrasi pengadaan bahan baku benang pada PT. Kusumahadi Santosa. Sumber data yang digunakan yaitu narasumber (informan) dari staff pengadaan, tempat (lokasi) pengamatan yaitu PT. Kusumahadi Santosa dan dokumen/arsipyang digunakan. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen/arsip tentang pengadaan bahan baku. Teknik analisis data menggunakan model analisis kualitatif yang memiliki komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil yang diperoleh dari pengamatan yang penulis lakukan adalah Pelaksanaan administrasi pengadaan bahan baku produksi (benang) dimulai dari permintaan/perencanaan yang dilakukan oleh bagian produksi/kadiv produksi. Kemudian Manager Logistik menerima permintaan harga dan kualitas benang dari Kepala Divisi Rendal, kemudian diteruskan kebagian Pengadaan 1 untuk melakuakan Pembelian dan Penyimpanan dan Pendistribusian barang yang dilakukan di Gudang Logistik. Penerapan Alur pelaksanaan yang dilakukan PT. Kusumahadi Santosa dalam menerapkan Administrasi Pembelian bahan baku berupa benang sudah cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dengan adanya pembagian tugas dan tanggung jawab masing-masing divisi serta telah dilengkapi dengan dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan.
Kata Kunci : Administrasi, Pengadaan, Bahan Baku Produksi (Benang)

×
Penulis Utama : Dania Dini Nur Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1513013
Tahun : 2016
Judul : Pelaksanaan Administrasi Pengadaan Bahan Baku Produksi (Benang) pada PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Manajemen Administrasi-D.1513013-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endang Martini S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.