Penulis Utama : Anggun Sholekah
NIM / NIP : R1115003
×

Latar Belakang: Pemenuhan kebutuhan akan rasa nyaman dan relaksasi ibu pada masa nifas dilakukan dengan pemberian body massage sehingga dapat mencegah terjadinya depresi postpartum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh body massage terhadap tingkat derpesi ibu nifas. 
Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy experimental dengan pretest and posttest control group design. Teknik sampling menggunakan quota sampling. Jumlah responden adalah 30 ibu nifas yang memenuhi kriteria retriksi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner Edinburgh Postnatal Depression Scale. Teknik analisis data menggunakan uji T Tidak Berpasangan. 
Hasil: Rerata tingkat depresi posttest kelompok eksperimen sebesar 5,33 dan pada kelompok kontrol 9,33. Terjadi penurunan tingkat depresi sebesar 4,34 pada kelompok eksperimen, sedangkan kelompok kontrol terjadi peningkatan sebesar 1,73. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji statistik T tidak berpasangan diperoleh nilai p=0,003 yang berarti terdapat pengaruh body massage terhadap tingkat depresi ibu nifas di Bidan Praktik Mandiri Siyamtiningsih. 
Simpulan: Terdapat pengaruh body massage terhadap tingkat depresi ibu nifas di Bidan Praktik Mandiri Siyamtiningsih Karanganyar. 
Kata Kunci : Body Massage, Depresi Ibu Nifas.

 

×
Penulis Utama : Anggun Sholekah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1115003
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh body massage terhadap tingkat depresi ibu nifas di bidan praktik mandiri siyamtiningsih Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-4 Kebidanan Transfer
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D IV Bidan Pendidik-R.1115003-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Erindra Budi C., S.Kep., Ns., M.Kes
2. Angesti Nugraheni, S.ST., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.