Penulis Utama : Sri Anggun Budi Wibowo
NIM / NIP : K7112547
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah dalam penerapan metode discovery learning dengan media visual, (2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran Matematika melalui penerapan metode discovery learning dengan media visual, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan metode discovery learning dengan media visual.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan lima pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangsari yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes . Validasi data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan metode discovery learning dengan media visual dilaksanakan dengan 8 langkah yaitu: (a) perumusan masalah, (b) menetapan hipotesis, (c) mengkondisikan kelompok, (d) membagikan media visual; (e) mencari informasi, data, fakta dengan media visual, (f) mendiskusikan informasi, data, fakta yang ditemukan (g) menarik kesimpulan (h) mempresentasikan hasil dari penemuan; (2) penerapan metode discovery learning dengan media visual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa, pada siklus I mencapai 74,05%, siklus II mencapai 85,18%, dan siklus III mencapai 88,4%; (3) kendala pelaksanaan penelitian ini yaitu: (a) guru sering melupakan hal-hal kecil yang sebenarnya berguna untuk menyempurnakan aspek, (b) siswa kurang termotivasi untuk bertanya dan menyampaikan pendapatnya; (c) masih ada siswa yang bermain sendiri ketika kelompok lain mempresentasikan hasil diskusi. Solusinya yaitu: (a) guru berdiskusi dengan peneliti mengenai langkah-langkah metode discovery learning agar lebih memahami hal-hal penting di dalamnya; (b) siswa diberi hadiah oleh guru agar memotivasi siswa untuk berani dan percaya diri dalam menyampaikan pendapat, bertanya, dan mempresentasikan hasil diskusi; (c) presentasi dilakukan secara acak agar siswa memperhatikan dan tidak bermain sendiri.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode discovery learning dengan media visual dapat dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di kelas IV SDN 2 Karangsari Tahun Ajaran 2015/2016.


Kata Kunci : metode discovery learning, media visual, kemampuan pemecahan masalah.

×
Penulis Utama : Sri Anggun Budi Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112547
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Metode Discovery Learning Dengan Media Visual Dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv SDN 2 Karangsari Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7112547 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kartika Chrysti S., M.Si.
2. Drs. Joharman, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.