Penulis Utama : Dessy Tri Nuridayati
NIM / NIP : K7412047
×

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan: (1) pengelolaan arsip di Sekretariat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kota Surakarta, (2) hambatan dan upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan pengelolaan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling. Subjek penelitian ini adalah pegawai sub bagian dari Sekretariat, yang bekerja di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kota Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji keabsahan data degan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan interactive model.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengelolaan arsip di sub bagian dari Sekretariat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kota Surakarta dimulai dengan adanya penetapan tugas pokok dan fungsi, serta aktivitas surat masuk, penyimpanan arsip berada di gudang dan di ruang kerja, pegawai dalam melakukan pengelolaan arsip belum baik, penyimpanan dan pertanggungjawaban arsip diserahkan kepada pegawai dengan memanfaatkan fasilitas peralatan penyimpanan yang dimiliki, sistem penyimpanan arsip yang diterapkan adalah sistem tanggal, subjek, dan wilayah. Pemeliharaan dan perawatan arsip dilakukan secara insidental, pemindahan dilakukan dalam waktu 5-10 tahun, pemusnahan belum terlaksana. (2) Kendala dalam pengelolaan arsip di sub bagian dari Sekretariat meliputi: (a) kurang ketersediaan gudang, (b) kurang pegawai dan tenaga ahli, (c)pengamanan dokumen yang kurang diperhatikan, (d) tidak adanya pedoman dalam melakukan pengelolaan dokumen. Sedangkan upaya dalam pengelolaan arsip di sub bagian dari Sekretariat dengan cara: (a) Memaksimalkan fungsi fasilitas penyimpanan arsip, (b) Adanya kerja sama antar pegawai dan siswa magang, (c) Pemanfaatan peralatan penyimpanan dan back-up data, (d) Kewenangan dan tanggungjawab petugas terhadap dokumen yang dikelola.
Kata Kunci : pengelolaan arsip, kearsipan, dinas pendidikan.

×
Penulis Utama : Dessy Tri Nuridayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412047
Tahun : 2016
Judul : Analisis Pengelolaan Arsip di Sekretariat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K.7412047-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si
2. Dr. Andre N. Rahmanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.