Penulis Utama : Parama Fahmi Kurnia
NIM / NIP : K1509031
×

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendesain model materi ajar dan evaluasi yang memanfaatkan Buku Sekolah Elektronik (BSE) berbasis Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek) pada mata pelajaran Gambar Teknik. 2) Mengetahui efektifitas model materi ajar dan evaluasi yang memanfaatkan Buku Sekolah Elektronik (BSE) berbasis Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Proyek) pada mata pelajaran Gambar Teknik.

Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, dengan tiap tahap terdiri atas studi pendahuluan, studi pengembangan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket, dan tes. Pengujian produk menggunakan teknik Alpha Testing, Beta Testing, dan Sumatif Testing.

Hasil penelitian menunjukkan terciptanya modul yang layak digunakan sebagai media pendukung pembelajaran, ditinjau dari: 1) Aspek Substansi, 68% (baik). 2) Aspek Instruksional, 72% (baik). 3) Manfaat Hand Out terhadap pengguna, yaitu 75,92% pada pre test dan 76,25% pada post test. 4) Peningkatan hasil belajar siswa khususnya materi proyeksi, yaitu mencapai nilai signifikansi t-test sebesar -1,45, dimana rata-rata nilai pre test sebesar 70,56 menjadi 78,09 pada post test, sehingga model pengembangan pembelajaran dengan modul ini kedepannya dapat digunakan sebagai referensi guru dalam mengajar.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan hasil materi ajar yang memanfaatkan Buku Sekolah Elektronik (BSE) berbasis Project Based Learning berdasarkan kurikulum 2013 dengan susunan pendahuluan, isi materi ajar, penutup, membuat daftar pustaka, memberi halaman, dan membuat daftar isi dengan hasil evaluasi nilai pre test dan post test pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Modul ini merupakan materi ajar yang efektif sehingga materi pengembangan kedepannya dapat direkomendasikan sebagai salah satu sumber belajar guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya pada pokok materi proyeksi.

Kata kunci : Materi Ajar, Buku Sekolah Elektronik, Project Based Learning, Kurikulum 2013, Gambar Teknik

×
Penulis Utama : Parama Fahmi Kurnia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1509031
Tahun : 2016
Judul : Model Materi Ajar dan Evaluasi Menggunakan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Berbasis Project Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMK Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Teknik dan Kejuruan-K.1509031-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. AG. Tamrin, M.Pd., M.Si
2. Abdul Haris Setiawan, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.