Penulis Utama : Zul Fahmi Achmad
NIM / NIP : K5612084
×

Olahraga adalah kegiatan yang dilakukan secara sistematis dan terencana guna meningkatkan kesegaran jasmani, rohani, dan mental. Dalam Undang-Undang Nomor 3 tahun 2005 pasal 34 Ayat 2 : Pemerintah kabupaten/kota wajib mengelola sekurang-kurangnya satu cabang olahraga unggulan yang bertaraf nasional dan atau internasional.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui pembinaan olahraga unggulan Kabupanten Ngawi. (2) Mengetahui profil olahraga unggulan di Kabupaten Ngawi, (3) Mengetahui kondisi pengurus, pelatih, atlet dan prasarana, dan sarana olahraga unggulan di Kabupaten Ngawi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif teknik survey. Subjek dalam penelitian ini adalah pelatih, atlet dan pengurus cabang olahraga se-Kabupaten Ngawi dan Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Ngawi. Dalam penentuan subjek penelitian survey ini dilakukan dengan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh cabang olahraga di Kabupaten Ngawi.
Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: (1) Cabang olahraga yang ada di kabupaten Ngawi ada 22 cabang olahraga, sedangakan cabang olahraga unggulan yang ada di Kabupaten Ngawi adalah cabang olahraga Tinju Amatir. (2) Cabang olahraga Tinju Amatir di Ngawi memiliki struktur organisasi yang jelas, terdaftar pengcab, memiliki atlet dan pelatih, memiliki pengalaman 1 kali mengadakan penataran pelatih tingkat daerah, memiliki iklim kompetisi 2 kompetisi tiap tahun, memiliki kerjasama dengan salah satu perguruan tinggi, memiliki 3 sumber pendanaan yaitu Swadaya, APBD, dan CSR, memberikan insentif kepada tiap stlet dan pelatih yang berprestasi (3) Cabang olahraga tinju amatir memiliki pelatih tingkat daerah 2 orang, Pelatih tingkat nasional 1 orang. Sedangkan atlet senior 4 orang, dan atlet junior 3 orang.
Kata Kunci : Olahraga Unggulan, Prestasi, Profil Olahraga.

×
Penulis Utama : Zul Fahmi Achmad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5612084
Tahun : 2016
Judul : Profil Olahraga Unggulan di Kabupaten Ngawi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K.5612084-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sukono, M.Or
2. Dr. Islahuzzaman Nuryadin, M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.