Penulis Utama : Bimo Adhy Nugroho
NIM / NIP : D1413015
×

PT Televisi Republik Indonesia memiliki berbagai macam sumber informasi yang diberikan kepada masyarakat seperti tersediannya banyak sekali transmisi stasiun TVRI yang tersebar di Indonesia. Di program talkshow pada TVRI, umumnya juga memiliki berbagai proses pra produksi, produksi dan pasca produksi seperti televise umum lainnya. Pada proses produksi talkshow di TVRI, Penulis nakah merupakan salah satu peran penting yang mampu menyajikan informasi berita yang dapat menggaet pemirsa di layar kaca. Dalam penulisan ini, alas an mengapa penulis memilih bidang penulis naskah di TVRI Nasional karena penulis naskah selalu memproduksi berita setiap harinya, agar penulis semakin paham dan mengerti bagaimana peran penulis naskah saat melakukan di lapangan. 
Menurut Undang-undang Nomor 32 tahun 2002 mengartikan penyiaran atau broadcasting sebagai kegiatan pemancarluasan siaran melalui sarana pemancaran atau sarana transmisi di darat, di laut dan di antartika dengan menggunakan spectrum frekwensi radio (sinyal radio) yang berbentuk gelombang elektromagnetik yang merambat melalui udara, kabel dan atau media lainnya yang dapat diterima secara serentak dan bersamaan oleh masyarakat dengan perangkat penerima siaran. Penulis naskah merupakan bentuk dari jurnalisme, dimana penulis naskah selalu membuat sebuah berita yang nantinya akan dipandu dan dibahas oleh host dan narasumber. 
Selama kurang lebih 2 bulan melaksanakan KKM di TVRI Nasional, saya merasakan kerja di dunia penyiaran. Semua ini tidak lepas dari bimbingan yang diberikan oleh pembimbing dari instansi. Tidak lepas dari itu, penulis bias mengert itentang budaya kerja di TVRI nasional, dapat memahami peran Penulis Naskah dalam produksi talkshow, menambah kepercayaan diri penulis karena sering berkomunikasi dengan berbagai narasumber berita. 
Kesimpulan menurut penulis mengenai pekerjaan sebagai penulis naskah mengatakan bahwa memang sebagai seorang penulis naskah, seseorang yang menjalani pekerjaan tersebut memang harus memiliki keahlian tinggi . Adapun saran untuk TVRI Nasional yaitu TVRI Nasional seharusnya lebih memperhitungkan deadline yang dilaksanakan oleh peserta magang. Dan diharapkan khususnya DIII Komunikasi Terapan untuk lebih menyederhanakan system dari persyaratan magang tersebut. 
(penyiaran, TVRI,penulis naskah)

 

×
Penulis Utama : Bimo Adhy Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1413015
Tahun : 2016
Judul : Peran penulis naskah dalam talkshow dialog indonesia hari ini di tvri nasional
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Komunikasi Terapan-D.1413015-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djuminto ,S.ip
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.