Penulis Utama : Diah Rahmawati
NIM / NIP : K7412053
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran dengan kuis edukasi COC berbasis aplikasi Lectora Inspire, dan (2) Mengetahui keefektifan media pembelajaran dengan kuis edukasi COC berbasis aplikasi Lectora Inspire pada pembelajaran Akuntansi untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMK Negeri 1 Karanganyar. 
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 1 dan X Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dengan teknik random sampling. Prosedur pengembangan media pembelajaran dengan kuis edukasi COC berbasis aplikasi Lectora Inspire dilakukan berdasarkan langkah-langkah pengembangan menurut Borg and Gall dengan modifikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa angket dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk pada angket minat belajar. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif untuk mengetahui tingkat minat belajar dan kelayakan media pembelajaran, kemudian dilanjutkan analisis statistik inferensial untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran dengan kuis edukasi COC berbasis aplikasi Lectora Inspire layak digunakan berdasarkan validasi ahli media (93,61%), ahli materi (80,89%), praktisi (79%), serta penilaian siswa (87,70%) yang termasuk kategori “baik” dan “sangat baik”. Media pembelajaran dengan kuis edukasi COC berbasis aplikasi Lectora Inspire memiliki keefektifan untuk meningkatkan minat belajar siswa (p = 0,000 < 0,05). Penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire sangat dibutuhkan guna meningkatkan minat belajar siswa. Simpulan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran denga kuis edukasi COC (Coins of Accounting Competition) berbasis aplikasi Lectora Inspire pada pembelajaran Akuntansi dapat meningkatkan minat siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Karanganyar. 
Kata Kunci : media pembelajaran, kuis edukasi, lectora inspire, minat belajar

 

×
Penulis Utama : Diah Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412053
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan media pembelajaran dengan kuis edukasi coc (coins of accounting competition) berbasis aplikasi lectora inspire pada pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan minat belajar siswa di smk negeri 1 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K.7412053-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Witurachmi, M.M
2. Sohidin, SE, M.Si, Akt
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.