Penulis Utama : Fitriah Susilawati
NIM / NIP : K7112092
×

Tujuan penleitian ini untuk menigkatkan kemampuan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui model kooperatif tipe Rotating Trio Exchange pada siswa kelas IV SDN IV Wonoboyo Wonogiri tahun ajaran 2015/ 2016. 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri IV Wonoboyo Wonogiri yang terdiri dari 31 siswa dan guru kelas IV.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya penigkatan kemampuan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat secara nyata. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata kelas nilai tes kemampuan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat sebesar 66,84 dengan presentase ketuntasan kelas sebesar 55% pada pratindakan, meningkat menjadi 83,87dengan presentase ketuntasan kelas sebesar 74,19% pada siklus I dan meningkat lagi manjadi 88,35 dengan presentase ketuntasan kelas sebesar 90,32% pada siklus II. 
Simpulan penelitian ini adalah model kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN IV Wonoboyo Wonogiri tahun ajaran 2015/ 2016. 
Kata kunci: kemampuan operasi penjumlahan dan pengurangan, bilangan bulat, Rotating Trio Exchange

×
Penulis Utama : Fitriah Susilawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112092
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan kemampuan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui modelkooperatif tipe rotating trio exchange pada siswa kelas iv sdn iv Wonoboyo wonogiri tahun ajaran 2015/ 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112092-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Samidi, M.Pd.
2. Drs. Djaelani, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.