Penulis Utama : Hafidz Abdillah S
NIM / NIP : K7112100
×

Tujuan penelitian ini untuk meningatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan pusat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI).
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan empat tahapan. Tahapan-tahapan tersebut yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 4 SD N Bratan III Surakarta yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil tes pemahaman konsep sistem pemerintahan pusat sebelum dilakukannya tindakan sebesar 42,93 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 7% atau hanya 2 dari 29 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM. Pemahaman siswa terhadap sistem pemerintahan pusat meningkat setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan perolehan skor rata-rata sebesar 78,45 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 83%. Pemahaman siswa terhadap sistem pemerintahan pusat kembali meningkat pada siklus II dengan perolehan skor rata-rata sebesar 86,72 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 93%.
Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan pemahaman konsep sistem pemerintahan pusat siswa kelas 4 SD N Bratan III Surakarta tahun pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: Group Investigation, pemahaman konsep, sistem pemerintahan pusat.

×
Penulis Utama : Hafidz Abdillah S
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112100
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Pemahaman Konsep Sistem Pemerintahan Pusat dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas IV SDN Bratan III Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112100-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hadi Mulyono, M. Pd.,
2. Idam Ragil W.A, S. Pd., M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.