Penulis Utama : Maryam Mar’atus Sholikah
NIM / NIP : K8111048
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan seksualitas melalui penggunaan video pembelajaran pada anak kelompok B2 TK Islam Permata Hati Makam Haji Kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari
dua siklus. Setiap siklus dilaksankan 2 kali pertemuan melalui tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.Populasi dari penelitian ini yaitu sebanyak 13 orang dengan komposisi jenis kelamin perempuan sebanyak 3 orang dan laki-laki sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan modelMiles &Huberman melalui 3 tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data (display data), dan verifikasi (conclusion drawing).
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan pengetahuan seksualitas pada anak kelompok B2 TK Islam Permata Hati Makam Haji kabupaten Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. Meningkatnya pengetahuan seksualitas pada anak ditunjukkan dari hasil penilaian dengan metode wawancara dan observasi yang dilakukan pada anak. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan besarnya capaian nilai pengetahuan seksualitas pada anak tiap siklus sebagai berikut: 1) tingkat ketuntasan prasiklus sebanyak 6 anak atau 46.15%, 2) tingkat ketuntasan Siklus I sebanyak 9 anak atau 69.23%, dan 3) tingkat ketuntasan Siklus II sebanyak 12 anak atau 92.31%.
Kata kunci: video pembelajaran, pengetahuan seksualitas, pendidikan seks untuk anak usia dini.

×
Penulis Utama : Maryam Mar’atus Sholikah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8111048
Tahun : 2016
Judul : Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pengetahuan Seksualitas pada Anak Kelompok B2 TK Islam Permata Hati Makam Haji Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-K.8111048-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Kuswadi, M.Ag
2. Yudianto Sujana, S.Kom., M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.