Penulis Utama : Yogi Affiandi
NIM / NIP : S501208013
×

Latar Belakang: Kanker serviks merupakan penyebab kematian terbanyak kedua pada wanita di Indonesia. Wanita yang didiagnosis kanker serviks stadium lanjut sering menderita stress emosional hingga depresi. Pada depresi akan terjadi penurunan kadar serotonin. Pemberian psikoterapi logoterapi dapat berdampak positif.

Tujuan: Menganalisis perbedaan kadar serotonin dan tingkat depresi pada pasien kanker serviks stadium lanjut yang mendapatkan psikoterapi logoterapi dan terapi standar bila dibandingkan dengan yang mendapatkan terapi standar.

Metode Penelitian: Experimental  double blind randomized clinical trial post-test group design,30 subyek penelitian dibagi 2 kelompok (terapi standart tanpa psikoterapi logoterapi dan terapi standar dengan intervensi psikoterapi logoterapi) dan setiap kelompok terdiri dari 15 subjek.  Penelitian dilakukan di bangsal dan poliklinik kebidanan dan kandungan RSUD dr Moewardi Surakarta dan Laboratorium Prodia, dimulai bulan Oktober 2015 hingga Maret 2016.

Hasil: Rerata kadar serotonin pada kelompok perlakuan (psikoterapi logoterapi + terapi standar) tampak lebih tinggi (226.75+ 40.00 mg/dL), dibandingkan dengan kelompok kontrol  (78.22 + 30.49 mg/dL). Sedangkan rerata skor BDI pada kelompok psikoterapi logoterapi tampak lebih rendah (11.53+ 4.79), dibandingkan dengan kelompok kontrol  (17.86+ 5.66). Pada uji t, perbedaan rerata kadar serotonin dan skor BDI antara kelompok kontrol dan perlakuan bermakna secara statistik (p < 0.05).

Kesimpulan: Terdapat perbedaan kadar serotonin dan tingkat depresi  yang signifikan pada kelompok terapi standart dengan psikoterapi logoterapi. Pemberian psikoterapi logoterapi efektif meningkatkan kadar serotonin dan menurunkan tingkat depresi pasien pada pasien kanker serviks stadium lanjut.

Kata kunci: Serotonin, Psikoterapi Logoterapi, Kanker Serviks Stadium Lanjut, Tingkat Depresi 

×
Penulis Utama : Yogi Affiandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S501208013
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Kadar Serotonin dan Tingkat Depresi pada Pasien Kanker Serviks Stadium Lanjut Setelah Logoterapi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Biomedik
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Kedokteran Keluarga-S.501208013-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Supriyadi Hari R, dr., Sp.OG (K)
2. Dr. Soetrisno, dr., Sp.OG (K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.