Penulis Utama : Anieq Diyanah
NIM / NIP : K3109013
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan permainan kelompok dalam meningkatkan sikap kepemimpinan siswa disekolah pada pengurus OSIS SMP Negeri 10 Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan teknik One Group Pretest-Posttest Design. Sampel sebagai subyek penelitian adalah pengurus OSIS SMP Negeri 10 Surakarta. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik “total sampling” yaitu seluruh pengurus OSIS SMP Negeri 10 Surakarta sejumlah 42 siswa. Subjek eksperimen diberikan angket pre test sebelum diberikan treatment melalui permainan kelompok sebanyak empat permainan. Setelah treatment dilaksanakan subjek penelitian mengerjakan angket post test untuk mengetahui peningkatan sikap kepemimpinan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan  SPSS.16 dengan rumus T-test.

Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 4,604 > ttabel 2,018 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang peneliti ajukan dengan bunyi: “layanan bimbingan kelompok teknik permainan efektif dalam meningkatkan sikap kepemimpinan pengurus OSIS SMP Negeri 10” dapat diterima kebenarannya.

Kata Kunci: Permainan Kelompok, Bimbingan Kelompok, Sikap Kepemimpinan.

 

×
Penulis Utama : Anieq Diyanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3109013
Tahun : 2016
Judul : Permainan Kelompok Untuk Meningkatkan Sikap Kepemimpinan Pengurus Osis SMP Negeri 10 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Bimbingan Konseling-K.3109013-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chadidjah, H.A., M.Pd
2. Dra. Wardatul Djannah, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.