Penulis Utama : Bayu Damar Nusantara
NIM / NIP : K4611021
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan renang gaya crawl
dengan menerapkan gaya mengajar resiprokal di kelas X SMK Negeri 9 Surakarta pada tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 9 Surakarta, yang terdiri dari 30 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru, siswa, dan peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi atau arsip. Validasi data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif berdasarkan analisis kualitatif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gaya mengajar resiprokal bisa meningkatkan hasil belajar dari renang gaya crawl dari pra-siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis, dapat ditemukan bahwa mengenai hasil belajar dari renang gaya crawl, dari 30 siswa, 20 (66,67%) telah melewati kriteria pada siklus I dan meningkat menjadi 25 siswa (83,33%) pada siklus II, sedangkan 5 siswa lainnya belum namun dengan KKM 2,66.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan gaya mengajar resiprokal bisa meningkatkan hasil belajar dari berenang gaya crawl di kelas X SMK Negeri 9 Surakarta pada tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Hasil Belajar, renang gaya crawl, penerapan gaya mengajar resiprokal.

×
Penulis Utama : Bayu Damar Nusantara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4611021
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Gaya Mengajar Resiprocal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Crawl pada Siswa Putri Kelas X Jurusan Tekstil SMK N 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4611021-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd
2. Waluyo, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.