Penulis Utama : Dytta Lyawati Prabowo
NIM / NIP : K4312019
×

Tujuan penelitian adalah: 1) Mengembangkan modul berbasis potensi lokal, 2) Mengetahui kelayakan modul berbasis potensi lokal dan, 3) Mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan siswa kelas X pada materi ekosistem melalui pengembangan modul berbasis potensi lokal yang dipadu dengan penerapan Problem Based Learning.

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (RnD) metode Quasi-eksperimen yang menggunakan desain penelitian non-equivalent pretest-postest control group dengan menggunakan dua kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Tanjungsari tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling. Pengambilan sampel dilakukan dengan uji keseimbangan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes (angket, observasi, wawancara dan dokumentasi). Uji efektivitas produk menggunakan Anacova sig. 0,05. Prosedur penelitian pengembangan mengacu pada teori Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 7 tahapan yaitu 1) research and information collecting; 2) planning; 3) develop preliminary form of product; 4) preliminary field testing; 5) main product revision; 6) main field testing; dan 7) operational product revision.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) modul berbasis potensi lokal yang telah dikembangkan berdasarkan prosedur pengembangan Borg & Gall yang disusun dengan melibatkan beberapa potensi lokal di daerah gunung kidul dan hasil penelitian dari fenomena lokal, 2) kelayakan modul berbasis potensi lokal dinyatakan berkualifikasi “sangat layak” oleh ahli materi, ahli pengembangan modul dan tata bahasa, ahli desain, ahli pengembangan soal kognitif, siswa dan ahli praktisi (guru), 3) modul berbasis potensi lokal dipadu penerapan Problem Based Learning efektif meningkatkan pemahaman konsep ditunjukkan dengan peroleh analisis statistik yang menunjukkan ada perbedaan yang signifikan dengan nilai Fhitung= 199,067 > Ftabel (0,05:1:58)= 4,00, 4) modul berbasis potensi lokal dipadu penerapan Problem Based Learning efektif meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa ditunjukkan melalui peroleh nilai Fhitung= 6,390 > Ftabel (0,05:1:58)= 4,00.

Kata Kunci: Modul berbasis potensi lokal, pemahaman konsep, sikap peduli lingkungan, Problem Based Learning.

×
Penulis Utama : Dytta Lyawati Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4312019
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Modul Berbasis Potensi Lokal Dipadu Penerapan Problem Based Learning pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Kelas X
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Biologi-K.4312019-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurmiyati, S.Pd., M.Si
2. Prof. Dr. Maridi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.