Penulis Utama : Ika Wahyu Noor Arifah
NIM / NIP : K2512046
×

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan yang baik mengenai (1) ada tidaknya pengaruh keaktifan mahasiswa di unit kegiatan mahasiswa FKIP UNS dengan kesiapan menjadi guru; (2) ada tidaknya pengaruh indeks prestasi kumulatif mahasiswa FKIP UNS dengan kesiapan menjadi guru; dan (3) ada tidaknya pengaruh keaktifan mahasiswa di unit kegiatan mahasiswa FKIP UNS dan indeks prestasi kumulatif mahasiswa FKIP UNS secara bersama-sama dengan kesiapan menjadi guru.
Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa FKIP UNS minimal 1 tahun berjumlah 132 mahasiswa, sehingga melalui tabel Isaac Michael dengan tingkat kesalahan sebesar 5% didapat ukuran sampel sebanyak 95 Mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket untuk variabel keaktifan mahasiswa di UKM FKIP UNS dan variabel kesiapan menjadi guru. Sedangkan untuk variabel Indeks Prestasi menggunakan dokumentasi dari siakad.uns.ac.id. Analisis data menggunakan korelasi parsial untuk hipotesis I dan hipotesis II, dan analisis regresi ganda untuk hipotesis III.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, ada hubungan yang positif dan signifikan antara keaktifan mahasiswa di UKM FKIP UNS dengan kesiapan menjadi guru. (r hitung = 0.768 > r tabel = 0.2028 ; p value = 0.00 < 0.05). Jika keaktifan mahasiswa di UKM meningkat, maka kesiapan menjadi guru juga meningkat. Kedua, tidak ada hubungan positif antara IPK mahasiswa FKIP UNS dengan kesiapan menjadi guru (r hitung = 0.425 > r tabel = 0.083; p value = 0.083 > 0.05). Terbukti secara ilmiah bahwa ketika IPK mahasiswa FKIP UNS meningkat, maka tidak berpengaruh terhadap kesiapannya untuk menjadi guru. Ketiga, ada hubungan positif dan signifikan antara keaktifan mahasiswa di UKM FKIP UNS dan IPK mahasiswa FKIP UNS secara bersama-sama dengan kesiapan menjadi guru (f hitung = 66.302 > f tabel = 3.10)
Kata Kunci : keaktifan mahasiswa, UKM, Indeks Prestasi Kumulatif, Kesiapan menjadi guru

×
Penulis Utama : Ika Wahyu Noor Arifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512046
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Antara Keaktifan Mahasiswa di Unit Kegiatan Mahasiswa FKIP UNS dan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa FKIP UNS dengan Kesiapan Menjadi Guru
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2512046-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Nyenyep SW, S. T., M. T
2. Basori, S. Pd., M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.