Penulis Utama : Nyoto Harsoyo
NIM / NIP : S851208047
×

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik pada materi geometri bidang datar, model pembelajaran PBL berbantuan Geometer’s scatchpad, model pembelajaran CPS berbantuan Geometer’s scatchpad atau model pembelajaran langsung, (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, siswa dengan kemampuan komunikasi matematika tinggi, sedang atau rendah, (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, siswa dengan kemampuan komunikasi matematika tinggi, sedang atau rendah, (4) pada masing-masing kemampuan komunikasi matematika, manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, model pembelajaran PBL berbantuan Geometer’s scatchpad, model pembelajaran CPS berbantuan Geometer’s scatchpad atau model pembelajaran langsung.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu (quasi experimental research), dengan desain faktorial 3x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri pelaksana Kurikulum 2013 (K13) se-Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 3 sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 yaitu SMA 1 Kudus, SMA 2 Kudus dan SMA 1 Bae Kudus. Instrumen penelitian adalah tes prestasi siswa dan tes kemampuan komunikasi matematika. Uji coba instrumen tes prestasi meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas, uji coba tes kemampuan komunikasi matematika meliputi konsistensi internal dan reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji Normalitas dan uji Homogenitas, menggunakan uji lilliefors’ dan uji Bartlett menunjukkan sampel berasal dari populasi berdistribusi normal dan memiliki variansi yang sama. Uji keseimbangan menggunakan anava satu jalan, diperoleh hasil populasi  yang seimbang. Teknik analisis data adalah anava dua jalan dengan sel tak sama dilanjutkan uji pasca anava menggunakan metode scheffe.

Dari hasil analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji komparasi ganda antar baris dan antar kolom, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran PBL berbantuan Geometer’s scatchpad sama baiknya dengan model pembelajaran CPS berbantuan Geometer’s scatchpad dan keduanya lebih baik daripada model pembelajaran langsung, (2) prestasi belajar siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematika tinggi lebih baik daripada yang memiliki kemampuan komunikasi matematika sedang dan rendah sedangkan prestasi belajar siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematika sedang lebih baik daripada yang memiliki kemampuan komunikasi matematika rendah, (3) pada ketiga model pembelajaran yaitu PBL berbantuan Geometer’s scatchpad, CPS berbantuan Geometer’s scatchpad dan model pembelajaran langsung, prestasi belajar siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematika tinggi lebih baik daripada yang memiliki kemampuan komunikasi matematika sedang dan rendah sedangkan prestasi belajar siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematika sedang lebih baik daripada yang memiliki kemampuan komunikasi matematika rendah, (4) siswa dengan kemampuan komunikasi matematika tinggi, sedang dan rendah mempunyai prestasi belajar yang sama baiknya jika menggunakan model pembelajaran PBL  berbantuan Geometer’s scatchpad dan CPS berbantuan Geometer’s scatchpad dan keduanya lebih baik daripada jika menggunakan model pembelajaran langsung.

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Creative Problem Solving  (CPS), Geometer’s scatchpad 

×
Penulis Utama : Nyoto Harsoyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851208047
Tahun : 2016
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Creative Problem Solving Berbantuan Media Geometer’s Scatchpad pada Materi Geometri Bidang Datar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematika Kelas X MIPA SMA Negeri Se-Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Pendidikan Matematika-S.851208047-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si.
2. Dr. Riyadi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.