Penulis Utama : Siska Septy Anggraini
NIM / NIP : K4212064
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kualitas proses pembelajaran membaca paragraf berhuruf Jawa, dan (2) keterampilan membaca paragraf berhuruf Jawa pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan media puzzle.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Sumber data yang digunakan yaitu informan, peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan media puzzle dapat meningkatkan kualitas proses dan keterampilan membaca paragraf berhuruf Jawa pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 16 Surakarta. Peningkatan kualitas proses pembelajaran dilihat dari aktivitas siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran membaca paragraf berhuruf Jawa. Kualitas proses pembelajaran membaca paragraf berhuruf Jawa mengalami peningkatan yaitu sebesar 65,63% pada siklus I dan meningkat menjadi 84,38% pada siklus II. Keterampilan membaca paragraf berhuruf Jawa mengalami peningkatan yaitu ketuntasan pada pratindakan sebesar 34,38%, meningkat menjadi 56,25% pada siklus I, dan pada siklus II ketuntasan mencapai 81,25%.
Kata kunci : membaca paragraf berhuruf Jawa, model pembelajaran Numbered Head Together, puzzle

×
Penulis Utama : Siska Septy Anggraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4212064
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Dengan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Paragraf Berhuruf Jawa pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 16 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K.4212064-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suyitno, M.Pd
2. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.