Penulis Utama : Dirasti Novianti
NIM / NIP : S851108013
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) manakah yang memberikan prestasi belajar yang lebih baik pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan Giving Question and Getting Answer, model pembelajaran Think Pair Share, atau Konvensional. (2) manakah yang memberikan prestasi belajar yang lebih baik, siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi, sedang, atau rendah. (3) pada masing-masing  aktivitas belajar, manakah yang memberikan prestasi lebih baik, siswa dengan model pembelajaran Think Pair Share dengan Giving Question and Getting Answer, model pembelajaran Think Pair Share, atau Konvensional. (4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang memberikan prestasi belajar yang lebih baik, siswa dengan aktivitas belajar tinggi, sedang, atau rendah.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Ngawi  tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara  stratified cluster random sampling, diperoleh sampel berjumlah 251 siswa, dengan rincian 83 siswa pada kelas eksperimen satu, 84 siswa pada kelas eksperimen dua dan 84 siswa pada kelas kontrol yang tersebar pada  tiga sekolah yaitu SMP Negeri 3 Paron, SMP Negeri 5 Ngawi, dan SMP Negeri 2 Geneng. Teknik pengumpulan data meliputi metode dokumentasi yaitu mencari data tentang nama sekolah dan rataan nilai Ujian Nasional SMP Negeri di Kabupaten Ngawi serta nilai formatif ulangan akhir semester, metode tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar matematika materi persamaan linier dua variabel dan metode angket untuk mengetahui aktivitas belajar yang dimiliki siswa. Uji tes meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas, sedangkan uji angket gaya belajar meliputi uji validitas isi, reliabilitas dan konsistensi. Uji keseimbangan menggunakan uji anava satu jalan dengan sel tak sama. Uji prasyarat dilakukan dengan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan metode Bartlett untuk uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan adalah anava dua jalan 3x3 dengan sel tak sama.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran kooperatif model pembelajaran Think Pair Share dengan Giving Question and Getting Answer dan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share pada pokok bahasan Persamaan Linier Dua Variabel lebih baik dibanding dengan pembelajaran Konvensional. (2) kelompok siswa dengan aktivitas belajar tinggi dan sedang mempunyai 

prestasi belajar lebih baik dibanding kelompok siswa dengan aktivitas belajar rendah, dan kelompok siswa dengan aktivitas belajar tinggi mempunyai prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa aktivitas sedang. (3) pada kelompok siswa dengan aktivitas belajar tinggi dan rendah, pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dengan Giving Question and Getting Answer mempunyai prestasi belajar sama baik dibanding pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dan juga model Konvensional. Akan tetapi, pada siswa dengan aktivitas sedang  dengan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dengan Giving Question and Getting Answer mempunyai prestasi belajar sama baik dibanding pembelajaran kooperatif model Think Pair Share, tetapi pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dengan Giving Question and Getting Answer dan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share mempunyai prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan model Konvensional. (4) pada kelompok siswa dengan kelompok pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dengan Giving Question and Getting Answer, siswa dengan aktivitas tinggi mempunyai prestasi belajar sama baiknya dengan siswa aktivitas sedang, tetapi siswa dengan aktivitas tinggi dan sedang mempunyai prestasi lebih baik dibandingkan dengan siswa aktivitas rendah. Siswa dengan kelompok model pembelajaran Think Pair Share  dan model Konvensional, siswa dengan aktivitas tinggi, sedang maupun rendah mempunyai prestasi yang sama pada pokok bahasan Persamaan Linier Dua Variabel.

Kata kunci: Think Pair Share, Giving Question and Getting Answer, Aktivitas

                     Belajar.

×
Penulis Utama : Dirasti Novianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851108013
Tahun : 2016
Judul : Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Think Pair Share dengan Giving Question and Getting Answer Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2012/2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Pendidikan Matematika-S.851108013-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo K, M.Sc., Ph.D
2. Dr. Mardiyana, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.