Penulis Utama : Arum Angger Rosiah
NIM / NIP : K2312013
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) pada materi Alat-alat Optik dapat meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah siswa kelas X MIA 7 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, serta model kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 7 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/ 2016 sebanyak 39 siswa. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data yang digunakan adalah uji t 1 ekor.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dengan menerapkan model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) pada materi Alat-alat Optik di kelas X MIA 7 SMA Negeri 1 Sukoharjo, analisis data perbandingan nilai antar siklus dan uji hipotesis menggunakan uji t satu ekor, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SSCS pada materi Alat-alat Optik dapat meningkatkan kemampuan komunikasi ilmiah siswa kelas X MIA 7 SMA Negeri 1 Sukoharjo.

Kata kunci:model SSCS, kemampuan komunikasi ilmiah, Alat-alat Optik, Penelitian Tindakan Kelas

 

×
Penulis Utama : Arum Angger Rosiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2312013
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Komunikasi Ilmiah Siswa Kelas X Mia Melalui Model Pembelajaran Sscs (Search, Solve, Create, Share) Pada Materi Alat-Alat Optik
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Fisika-K.2312013-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nonoh Siti Aminah, M.Pd
2. Dwi Teguh Rahardjo, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.