Penulis Utama : Sidiq Aji Pamungkas
NIM / NIP : K1212064
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk diksi dalam novel Di Tanah Lada; (2) bentuk-bentuk retorika dalam novel Di Tanah Lada; (3) fungsi pemakaian diksi dan retorika dalam novel Di Tanah Lada; dan (4) relevansi novel Di Tanah Lada sebagai materi ajar Bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah content analysis atau analisis isi. Penelitian ini menggu-nakan data dari dokumen novel Di Tanah Lada karya Ziggy Z. dan hasil wawan-cara dengan informan. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik studi pustaka dan teknik wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis mengalir.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, pemakaian diksi meliputi pemakaian kolokasi, yaitu berupa antonimi yang berfungsi untuk mengkonkretkan gambaran yang dilukiskan pengarang, hiponimi yang berfungsi untuk mengkon-kretkan gambaran yang dilukiskan pengarang, homonimi yang berfungsi untuk memperindah bunyi penuturan, dan sinonimi yang berfungsi untuk memberikan pengertian lebih spesifik pada suatu kata. Selain pemakaian kolokasi, terdapat pe-makaian kata vulgar yang berfungsi untuk melukiskan karakter tokoh dan mem-bangun suasana cerita, pemakaian idiom yang berfungsi untuk memperindah bu-nyi penuturan, pemakaian neologisme yang berfungsi memberikan kesan tertentu, dan kata serapan yang berfungsi untuk memberikan pengetahuan baru tentang kosa kata bahasa asing. Kedua, pemakaian bentuk-bentuk retorika berupa pema-kaian permajasan dan citraan. Permajasan yang ditemukan yaitu majas simile yang berfungsi untuk mengkonkretkan gambaran pembaca, majas metafora yang berfungsi membangkitkan suasana tertentu, majas pesonifikasi yang berfungsi untuk menghidupkan gambaran tertentu, majas dispersonifikasi yang berfungsi untuk melukiskan perasaan tokoh, majas antitesis yang berfungsi untuk melukiskan perasaan tokoh, majas klimaks yang berfungsi untuk mengkonkretkan gambaran tertentu, majas batos yang berfungsi untuk mengkonkretkan gambaran tertentu, majas paradoks yang berfungsi untuk mengkonkretkan gambaran tertentu, majas metonimia yang berfungsi untuk memperjelas makna tertentu, majas eritotes yang berfungsi untuk melukiskan perasaan tokoh, majas asindeton yang berfungsi untuk mempersingkat penulisan, majas polisindenton yang berfungsi untuk memperindah bunyi penuturan, majas anafora yang berfungsi untuk memperjelas makna tertentu, majas mesodiplosis yang berfungsi untuk melukiskan perasaan tokoh majas epistrofa yang berfungsi untuk melukiskan perasaan tokoh, majas tautotes yang berfungsi untuk melukiskan perasaan tokoh, dan majas anadiplosis yang berfungsi untuk membangkitkan suasana tertentu.
vii
Kemudian, citraan yang ditemukan meliputi citraan penglihatan, citraan gerak, citraan pendengaran, citraan peraba, citraan penciuman. Ketiga, novel Di Tanah Lada dapat digunakan sebagai media pembelajaran sastra di SMA pada kelas XII yang menerapkan kurikulum 2013, yaitu pada KD memahami struktur dan kaidah-kaidah teks novel.
Kata kunci : gaya bahasa, retorika, novel Di Tanah Lada, materi ajar sastra

×
Penulis Utama : Sidiq Aji Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212064
Tahun : 2016
Judul : Analisis Stilistika Novel Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie dan Relevansinya Sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K.1212064-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.
2. Atikah Anindyarini, S.S, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.