Penulis Utama : Natalia Intan Kurniawati
NIM / NIP : D1413048
×

Radio Sonora menjadi salah satu radio di Yogyakarta yang memiliki karakteristik yang kuat dengan format siaran berita yang akurat, sehingga mampu mempertahankan eksistensinya di telinga pendengar terutama di wilayah Yogyakarta. Dan didalam Radio pasti ada penulis naskah yang membantu penyiar menyiapkan materi untuk siaran. Berdasarkan pengamatan selama dua bulan pelaksanaan Kuliah Kerja Media, penulis menemukan bahwa program Teras Kota sangat menarik dan memiliki banyak pendengar. Dilihat dari programnya, terdapat manfaat bagi pendengar untuk mengetahui berbagai tips-tips menarik setiap harinya dengan tema yang berbeda setiap harinya. Pendengar juga diajak untuk bernostalgia dengan lagu-lagu tahun 90’an yang diputar penyiar pada saat siaran.
Patokan yang penting bagi sang scriptwriter dalam membuat tulisan-tulisannya adalah menonjolkan image stasiun radionya. Sebagus apapun tulisannya jika tidak sesuai dengan ciri stasiun radio, tulisan itu tidak ada gunanya. Untuk radio anak muda misalnya, gaya bahasa yang ditulis adalah bergaya “anak muda”, santai, boleh menyelipkan “bahasa gaul” atau yang sudah biasa dikenal di kalangan anak muda. Informasi yang dibuat seputar ‘dunia anak muda’, apa yang dibutuhkan, dipikirkan dan dibicarakan ‘anak muda’ masa kini. Informasi tentang musik, film, gosip artis, tema pergaulan, cinta, sekolah, dan gaya hidup adalah yang perlu bagi radio anak muda.
Dalam melaksanakan Kuliah Kerja Media, penulis memilih tempat di Radio Sonora yang beralamat Jl. Suroto 4 lantai 2 Kota Baru Yogyakarta. Penulis di Radio Sonora mendapat tugas sebagai penulis naskah dalam program acara Teras Kota yang mengudara setiap hari Senin hingga Sabtu pada pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.
Dalam melaksanakan Kuliah Kerja Media, penulis mendapatkan pengalaman yang berharga khususnya dalam dunia kerja dan dapat mempraktekkan materi yang telah didapat selama perkuliahan terutama dalam bidang penulisan naskah yang sangat berarti dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Media. Penulis juga dapat mempraktikkan kedisiplinan kerja dan produktifitas dalam menjalankan pekerjaan. Tetapi alangkah baiknya jika staff di Radio Sonora ditambah untuk menunjang kinerja, dan setiap unit komputer yang ada diberi anti virus agar data yang ada tidak rusak karena terkena virus.
Kata Kunci: Radio, Scriptwriter, Sonora, Program, Teras Kota,

×
Penulis Utama : Natalia Intan Kurniawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1413048
Tahun : 2016
Judul : The Role of Scriptwriter in Teras Kota Program on Sonora Radio Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Komunikasi Terapan-D.1413048-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lipuring Tyas Wiji A., S.Sos., M.I.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.