Penulis Utama : Nike Herawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F.1202047
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh bauran promosi terhadap volume penjualan pada perusahaan penerbit dan percetakan CV. Mutiara Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi Jur Manajemen-F.1202047-2004
Subyek : PENJUALAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah 1)apakah terdapat pengaruh biaya periklanan, personal selling dan biaya promosi penjualan secara bersama-sama terhadap volume penjualan, 2)apakah terdapat pengaruh biaya periklanan, personal selling dan biaya promosi penjualan secara parsial terhadap volume penjualan, 3)strategi promosi manakah yang paling berpengaruh terhadap volume penjualan. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis sebagai berikut diduga bahwa 1)terdapat pengaruh biaya periklanan, personal selling dan biaya promosi penjualan secara bersama-sama terhadap volume penjualan, 2)terdapat pengaruh biaya periklanan, personal selling dan biaya promosi penjualan dan secara parsial terhadap volume penjualan, 3)strategi promosi yang paling berpengaruh terhadap volume penjualan adalah personal selling.

Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesis penelitian, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta dengan teknik analisis data analisis regresi linear berganda, uji F, uji t dan uji koefisien determinasi.

Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien regresi tiap variabel bersifat positif dan nilai konstanta bersifat negatif. Dari uji F didapat Fhitung>Ftabel. Kemudian dari uji t menunjukkan masing-masing variabel independen memiliki thitung > ttabel.. Sedangkan untuk uji koefisien determinasi diperoleh hasil yang mendekati +1.

Dari bukti-bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa berdasar analisis regresi linear berganda menunjukkan konstanta negatif, koefisien masing-masing variabel positif sehingga masing-masing variabel bauran promosi mempunyai pengaruh terhadap tambahan kenaikan volume penjualan. Dari uji F, variabel-variabel bauran promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap volume penjualan. Untuk uji t, variabel biaya personal selling mempunyai pengaruh yang paling dominan karena mempunyai nilai t hitung paling besar dibandingkan variabel independen lainnya, kemudian diikuti dengan variabel biaya promosi penjualan dan biaya periklanan. Sedangkan dari uji koefisien determinasi dapat dilihat variabel volume penjualan dipengaruhi oleh variabel bauran promosi secara keseluruhan. Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran sebagai berikut CV. Mutiara Solo hendaknya lebih menitikberatkan kegiatan personal selling dengan memberikan proporsi pembagian dana yang lebih besar seperti dengan peningkatan anggaran biaya untuk pengadaan program pelatihan bagi para tenaga personal selling dan kenaikan gaji serta tambahan bonus untuk memotivasi tenaga personal selling karena variabel biaya personal selling mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap volume penjualan. CV. Mutiara Solo hendaknya mengadakan survei dan studi kelayakan untuk pembukaan agen-agen di luar pulau Jawa seperti pulau Sulawesi dan pulau Kalimantan. Selain itu hasil analisis menunjukkan bahwa secara bersama-sama bauran promosi mempunyai pengaruh terhadap volume penjualan, maka diharapkan CV. Mutiara Solo memperhatikan bauran promosi seperti pada variabel biaya periklanan dengan menambah media yang digunakan misal media elektronik lewat stasiun-stasiun radio lokal dan juga membuka website yang berisi perkembangan perusahaan, produk-produk yang tersedia serta informasi tentang produk baru.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
nike herawati.pdf
File Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Purwanto, MBA
Catatan Umum : 2392/2004
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis