Penulis Utama : Christiani Pratika Pingkan
NIM / NIP : K7412043
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tata ruang kantor UPTD DIKPORA Kecamatan Banjarsari Surakarta dalam mencapai efisiensi kerja pegawai, (2) hambatan - hambatan yang dihadapi dalam penataan ruang kantor UPTD DIKPORA Kecamatan Banjarsari Surakarta, (3) usaha - usaha yang dilakukan kantor UPTD DIKPORA Kecamatan Banjarsari Surakarta dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut.
Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian maka jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber datanya adalah informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dan teknik bola salju (Snowball Sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan analisis dokumen. Untuk uji validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penilitian dapat disimpulkan bahwa: (1) kantor UPTD DIKPORA Kecamatan Banjarsari Surakarta belum dapat menerapkan asas-asas tata ruang kantor yaitu asas jarak terpendek, asas penggunaan segenap ruangan, dan asas rangkaian kerja. Karena kantor ini hanya menempati gedung yang sudah tersedia sehingga luas ruangan tidak sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Keterbatasan ruangan membuat penataan ruang kantor menjadi tidak maksimal. Jarak peralatan dan perabotan terlalu berdekatan sehingga mengganggu aktivitas pekerjaan. Beberapa dokumen hanya tertumpuk di meja, lantai, dan di atas lemari karena ruangan tidak cukup lagi menampung tambahan lemari arsip untuk menyimpan dokumen-dokumen tersebut. (2) hambatan utama dalam penataan ruang kantor adalah luas ruangan. Hambatan tersebut juga berdampak pada ketidaktersediaan penyekat antar meja pegawai sehingga mengakibatkan kurangnya privasi pegawai dalam melakukan aktivitas pekerjaan. (3) usaha-usaha yang dilakukan kantor UPTD DIKPORA Kecamatan Banjarsari Surakarta dalam mengatasi hambatan-hambatan adalah dengan mengusulkan ke DIKPORA Kota Surakarta untuk melakukan renovasi gedung dan usulan tersebut akan dilaksanakan tahun depan. Usaha lain dari pegawai seperti mencari akal agar dapat melaksanakan pekerjaan dengan senyaman mungkin, mengurangi volume suara saat berbicara mengenai permasalahan yang dianggap privasi, dan tidak meletakkan dokumen penting diatas meja.
Kata kunci :Tata RuangKantor, Efisiensi Kerja.

×
Penulis Utama : Christiani Pratika Pingkan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412043
Tahun : 2016
Judul : Analisis Tata Ruang Kantor dalam Mencapai Efisiensi Kerja Pegawai (Studi Kasus di Kantor UPTD DIKPORA Kecamatan Banjarsari Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K.7412043-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Wiedy Murtini, M.Pd.
2. Dr. Cicilia Dyah S. I, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.