Penulis Utama : Desti Permitasari
NIM / NIP : D0112019
×

Program Ayo ke Magelang 2015 merupakan salah satu upaya pemerintah Kota Magelang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan yang direalisasikan dalam bentuk penyelenggaraan 103 even selama tahun 2015. Penelitian ini bermaksud melakukan evaluasi terhadap efektivitas program Ayo ke Magelang 2015 dalam mencapai tujuannya yaitu meningkatkan kunjungan wisatwan dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas dari pelaksanaan program tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan informan yang dipilih secara purposiv dan snowball sampling, observasi serta studi dokumen. Efektivitas pada penelitian ini dianalisis dengan mengunakan empat aspek yaitu pencapaian tujuan, pelaksanaan kegiatan, faktor pendorong dan kendala. Sedangkan analisis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kebijakan menggunakan model implementasi dari Edward III meliputi aspek komunikasi, sumber daya, kecenderungan-kecenderungan dan struktur birokrasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program Ayo ke Magelang 2015 telah dilaksanakan secara efektif meskipun dalam berbagai hal masih ditemui berbagai kendala. Bertambahnya kunjungan wisatwan di Kota Magelang dapat ditinjau dari meningkatnya jumlah tamu hotel dan jumlah kunjungan wisatawan di lokasi objek wisata selama tahun 2015 yang berdampak pada peningkatan PAD. Sedangkan keberadaan aspek komunikasi yang didukung sumber daya berupa staf, anggaran, fasilitas fisik serta hibah sebagai bentuk insentif dan juga kesertaan masyarakat pada pelaksanaan even, merupakan faktor-faktor yang mendorong efektivitas program Ayo ke Magelang 2015.
Kata kunci: Evaluasi, Efektivitas, Pariwisata, Ayo ke Magelang 2015

×
Penulis Utama : Desti Permitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112019
Tahun : 2016
Judul : Evaluasi Efektivitas Program “Ayo Ke Magelang 2015” dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kota Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D.0112019-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyu Nurharjadmo, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.