Penulis Utama : Sutrisno
NIM / NIP : S421408014
×

Penelitian ini bertujuan untuk 1. mengetahui bagaimana mitigasi banjir di Kabupaten Klaten, 2. mengetahui bagaimana peran serta masyarakat dalam kegiatan mitigasi banjir, 3. berapa willingness to pay (WTP) masyarakat Kabupaten Klaten pada kegiatan mitigasi banjir, 4.mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya WTP masyarakat pada kegiatan mitigasi banjir. Pengambilan data melalui wawancara langsung dengan 380 orang responden dengan metode Uma Sekaran. Sampel tersebar pada 94 desa di 11 kecamatan yang rawan banjir, dimana tiap-tiap desa diambil 4 responden, ditambah 2 responden dari Kecamatan Wedi dan 2 responden dari Kecamatan Cawas. Sampel penelitian diambil secara purposif sampling, dengan kriteria sangat dekat ( < 50 m), dekat (50-100 m) dan jauh (>100 m) dari sungai. Penelitian dilakukan dengan pendekatan contingent valuation methods (CVM).

Hasil penelitian menunjukkan kegiatan yang sudah dilaksanakan untuk mitigasi banjir di Kabupaten Klaten sudah cukup banyak, tetapi mengalami kendala karena keterbatasan Anggaran Belanja Pemerintah Daerah (APBD). Variabel pendapatan keluarga/ rumah tangga, tinggi genangan, jarak dan kerugian berpengaruh signifikan terhadap WTP masyarakat. Penelitian ini juga menggambarkan bahwa mayoritas responden (72,27 %) bersedia membayar untuk kegiatan mitigasi banjir dengan rata – rata WTP sebesar  Rp. 15.391,-.

Diperlukan evaluasi program dan kegiatan mitigasi banjir yang sudah dilaksanakan untuk lebih meningkatkan peran serta masyarakat, dengan memperhatikan faktor – faktor yang mempengaruhi WTP. Pemerintah daerah hendaknya memanfaatkan kesediaan membayar masyarakat ini untuk mendukung kegiatan mitigasi banjir baik di tingkat RT, RW, desa, kecamatan hingga Kabupaten.

Kata kunci : mitigasi banjir, contingent valuation, willingness to pay

×
Penulis Utama : Sutrisno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S421408014
Tahun : 2016
Judul : Valuasi Ekonomi Mitigasi Banjir di Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Ekonomi dan Studi Pembangunan-S.421408014-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryanto, SE,M.Si
2. Dr. Evi Gravitiani,SE, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.