Penulis Utama : Wahyu Karminah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S230809011
Tahun : 2016
Judul : Personal Selling dan Public Relation pada Jasa Perpustakaan (Tinjauan dan Aspek Context, Input, Process dan Product di UPT Perpustakaan ISI Surakarta tahun 2010-2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Ilmu Komunikasi-S.230809011-2016
Subyek : PERSONAL SELLING
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aspek Context, Input, Process dan Product dalam kaitannya dengan Personal Selling dan Public Relation pada jasa perpustakaan. Metodologi Penelitian yang diterapkan adalah adalah metode deskriptif  kualitatif. Data mengenai Context, Input, Process dan Product diperoleh dengan pendekatan kualitatif. Respon pengguna terhadap Product yang dihasilkan diperkuat dengan informan yang diaktifkan yaitu pustakawan, mahasiswa dan dosen. Respon pengguna terhadap Product yang dihasilkan diperkuat dengan data kuantitatif dengan menyebarkan angket kuesioner kepada 97 responden. Informan yang diaktifkan adalah pustakawan, ,mahasiswa dan dosen.

Personal selling berupa penyuluhan bagi mahasiswa baru. Sedangkan public relation ditemui pada kegiatan pameran buku. Aspek context dalam pelaksanaan program terpapar jelas melalui latar belakang dan tujuan program. Program penyuluhan bagi mahasiswa baru /user education bertujuan mengenalkan layanan dan produk Perpustakaan ISI Surakarta, program pameran buku untuk memenuhi kebutuhan informasi pengguna. Aspek  Input dalam pelaksanaan program dapat dijalankan dengan baik. Program penyuluhan /user education dilaksanakan oleh pustakawan yang memiliki keahlian public speaking dan memiliki keahlian dalam penelusuran informasi. Sementara program pameran buku melibatkan semua pustakawan.Semua program  didukung oleh sarana yang memadai dan dana yang cukup.

 Dalam aspek Process  diketahui bahwa  pelaksanaan semua  program berjalan lancar, didukung oleh staf yang kompetens. Hambatan yang ada pada program penyuluhan /user education adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyampaikan materi terlalu singkat, sehingga komunikasi antara komunikator dan komunikan kurang efektif. Untuk program pameran buku hambatan yang ditemui adalah pengunjung pameran yang jauh dari target dan tempat pameran yang kurang memadai. Aspek product dalam beberapa bauran promosi cukup memuaskan. Untuk program penyuluhan /user education dapat diukur dari bertambahnya jumlah anggota perpustakaan. Jawaban kuesioner juga menyatakan bahwa program penyuluhan /user education diperlukan bagi mahasiswa baru agar mereka mengenal layanan dan fasilitas Perpustakaan ISI Surakarta. Sementara pada program pameran buku, jumlah pengunjung yang datang pada acara pameran buku cukup banyak,meskipun jauh dari target. Pada program pameran buku, pengadaan buku untuk memenuhi kebutuhan pengguna cukup berhasil melalui masukan judul yang diusulkan dan penerbit yang diundang banyak yang hadir.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
P_20161129_231919_1_NT_p.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo,S.Sos,Ph.D
2. Drs. Y.Slamet,M.Sc, Ph.D
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana