Penulis Utama : Ari Syahidul Shidiq
NIM / NIP : S831502002
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian testlet yang memiliki validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan indeks pengecoh yang memenuhi kriteria sebagai suatu soal yang baik juga untuk mengembangkan instrumen testlet pada materi hidrolisis garam, menjadi instrumen penilaian yang mampu mengukur keterampilan proses sains.

Pengembangan instrumen penilaian dalam bentuk Testlet ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang terdiri dari 10 tahap yaitu: 1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi (research and information collecting), 2) perencanaan (planning), 3) pengembangan bentuk produk awal (develop preliminary form of product), 4) uji coba lapangan awal (preliminary field testing), 5) revisi produk awal (main product revision), 6) uji coba lapangan utama (main field testing), 7) revisi produk utama (operational product revision), 8) uji coba pelaksanaan lapangan (operational field testing), 9) revisi produk akhir (final product revision), 10) diseminasi (dissemination). Penelitian ini dilakukan di SMA N 3 Surakarta, SMA MTA Surakarta, dan SMA N 8 Surakarta dengan jumlah responden siswa sebanyak 241 orang. Validasi instrumen penilaian testlet ini menggunakan metode Aiken dengan 9 orang validator ahli. Metode penilaian pada instrumen Testlet ini menggunakan metode Graded Response Model (GRM).

Hasil penelitian dan pengembangan penelitian ini adalah instrumen penilaian testlet yang dikembangkan dinyatakan layak dan memenuhi kriteria sebagai suatu soal yang baik dengan validitas soal lebih dari 0,78 (valid), memiliki reliabilitas tes pada uji coba lapangan utama 0,84 dan 0,72 pada uji coba pelaksanaan lapangan yang tergolong tinggi, memiliki daya pembeda dengan persentase 20% jelek, 35% cukup, 41,6% baik, dan 3,4% baik sekali, memiliki tingkat kesukaran dengan persentase 16,7% sulit, 58,3% cukup dan 25% mudah, juga instrumen penilaian testlet yang dikembangkan dinyatakan dapat mengukur Keterampilan Proses Sains (KPS) oleh 79,1% guru responden.

Kata Kunci:   Penelitian dan pengembangan, Testlet, Instrumen penilaian, Keterampilan Proses Sains, hidrolisis garam

×
Penulis Utama : Ari Syahidul Shidiq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831502002
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Instrumen Penilaian Testlet Untuk Mengukur Keterampilan ProsesSains Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa Kelas XI SMA/MA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Pendidikan Sains-S.831502002-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Yamtinah, M.Pd
2. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.