Penulis Utama : Eni Dwi Rusjayanti
NIM / NIP : S991408005
×

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengembangkan Buku panduan praktik siswa dengan pendekatan cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan pada KD 4.7 untuk siswa kelas X SMK, yang layak ditinjau dari aspek pembelajaran, aspek materi dan aspek media. 2) Mengetahui keefektifan buku panduan praktik siswa dengan cooperative learning hasil pengembangan terhadap penguasaan hasil belajar siswa SMK Negeri 4 Surakarta pada KD 4.7.
Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan melalui sepuluh tahap pengembangan yaitu: (1) Analisis kebutuhan; (2) Perencanaan pengembangan; (3) Pengembangan produk; (4) Uji coba awal;(5) Revisi I;(6) Uji coba luas; (7) Revisi II;(8) Uji coba Operasional; (9) Revisi III; (10) Desiminasi dan implementasi produk. Kelompok sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas X Busana dan Boga SMK N 4 Surakarta, terdiri dari 15 siswa dari kelas X boga dan X busana untuk uji coba kelompok kecil, 31 siswa untuk uji coba luas dan 32 untuk uji coba operasional. Untuk Desiminasi dan implementasi 32 siswa SMK Negeri 4 Surakarta, 33 siswa SMK Negeri 6 Surakarta dan 32 siswa dari SMK Negeri 5 Surakarta disertai 3 guru dari sekolah-sekolah tersebut. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan disain pembelajaran serta ahli praktisi. Analisis data yang digunakan adalah analisis one-way Anova. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas metode Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan levene’s test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) evaluasi produk dari ahli materi mengenai kualitas buku panduan praktik siswa “ Sangat baik” dengan rerata skor 3,80 dan evaluasi dari ahli media juga “ Sangat baik” dengan rerata skor 3,89. 2) Penilaian siswa pada semua uji kategori “ Sangat baik” dengan rerata keseluruhan 3,71. Evaluasi pada desiminasi dan implementasi produk “Sangat baik” dengan rerata 3,74. 3) Uji anova data uji operasional diperoleh nilai F hitung sebesar 14,51 dengan signifikansi sebesar 0,000. Karena harga signifikansi < 0,05, maka Ho ditolak dan disimpulkan data kelompok eksperimen berbeda signifikan dengan data kelompok kontrol dari nilai hasil tes keterampilan siswa antara sebelum dan sesudah penerapan Buku panduan praktik siswa Prakarya dan Kewirausahaan Cooperative Learning, sehingga hasil pengembangan efektif meningkatkan hasil belajar.
Kata kunci: Buku panduan praktik, keterampilan, hasil belajar

×
Penulis Utama : Eni Dwi Rusjayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991408005
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Buku Panduan Praktik Siswa dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Pendidikan Ekonomi-S.991408005-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Asri Laksmi R., M.S
2. Dr. Dewi Kusuma Wardani M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.