Penulis Utama : Ida Kuswandari
NIM / NIP : S891008039
×

Kata Kunci: Problem-based Learning, Direct Instruction, Keterampilan Wicara, Kreatifitas.

 Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui efektivitas penggunaan Problem-based Learning dibandingkan dengan Direct Instruction dalam pengajaran keterampilan wicara untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Saradan Kab. Madiun Tahun  Pelajaran 2014/2015; (2) mengetahui apakah siswa dengan tingkat kreatifitas tinggi memiliki keterampilan wicara yang lebih baik daripada siswa dengan tingkat kreatifitas rendah; dan, (3) mengetahui adanya interaksi antara model pembeajaran dan kreatifitas siswa dalam pengajaran ketrampilan wicara.

Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Saradan Kab. Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Saradan Kab. Madiun Tahun  Pelajaran 2014/2015. Penulis menggunakan cluster random sampling untuk menentukan sampel. Kelas VIII A ditentukan sebagai kelas eksperimen, sedangkan Kelas VIII B ditetapkan sebagai kelas kontrol di mana setiap kelas berisi 32 siswa. Selanjutnya kelas eksperimen akan diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem-based Learning, sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan Direct Instruction.

Berdasarkan penghitungan menggunakan analisis multi faktor ANOVA, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Problem-based Learning lebih efektif daripada Direct Insruction dalam pengajaran keterampilan wicara untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Saradan Kab. Madiun Tahun  Pelajaran 2014/2015; (2)  siswa dengan tingkat kreatifitas tinggi memiliki keterampilan wicara yang lebih baik daripada siswa dengan tingkat kreatifitas rendah; dan, (3) tidak ada interaksi antara model pembeajaran dan kreatifitas siswa dalam pengajaran ketrampilan wicara yang berarti bahwa penggunaan Problem-based Learning lebih efektif dibandingkan Direct Instruction, baik untuk siswa dengan tingkat kreatifitas tinggi maupun rendah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problem-based Learning lebih efektif daripada Direct Instruction dalam pengajaran keterampilan wicara. Dianjurkan para guru Bahasa Inggris untuk menggunakan Problem-based Learning di dalam kelas karena manfaat model pembelajaran ini telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan wicara para siswa. 

×
Penulis Utama : Ida Kuswandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S891008039
Tahun : 2016
Judul : The Effectiveness of Problem-Based Learning in Teaching Speaking Viewed From the Students’ Creativity
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Pendidikan Bahasa Inggris-S.891008039-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ngadiso, M. Pd.
2. Dr. Abdul Asib, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.