Penulis Utama : Fitria Handayani
NIM / NIP : G0112044
×

Indonesia masih mengalami permasalahan ketidakseimbangan antara jumlah angkatan kerja dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. Kewirausahaan merupakan strategi untuk mengatasi masalah pengangguran di kalangan kaum intelektual. Generasi muda khususnya mahasiswa berperan sebagai penggerak perekonomian bangsa melalui penciptaan lapangan pekerjaan baru. Mahasiswa memiliki potensi untuk berhasil menjadi wirausaha karena memiliki kemampuan penalaran yang berkembang dan wawasan berpikir luas. Para mahasiswa Universitas Sebelas Maret diharapkan memiliki intensi berwirausaha tinggi karena wirausaha menjadi salah satu budaya universitas.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara Adversity Quotient dan kompetensi sosial dengan intensi berwirausaha mahasiswa Program Studi Manajemen di Universitas Sebelas Maret. Penelitian ini merupakan studi populasi, maka sampel yang dipakai adalah seluruh mahasiswa Manajemen yang memiliki minat terhadap wirausaha berjumlah 132 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 4 skala rusak sehingga jumlah skala yang dapat dianalisis berjumlah 128 skala.

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala intensi berwirausaha, skala Adversity Quotient, dan skala kompetensi sosial. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan nilai Fhitung = 305,889 dan R = 0,911 dengan sig 0,000. Hal tersebut berarti terdapat hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara Adversity Quotient dan kompetensi sosial dengan intensi berwirausaha. Nilai korelasi Adversity Quotient dan intensi berwirausaha 0,617 atau termasuk kategori kuat, nilai korelasi kompetensi sosial dan intensi berwirausaha 0,493 atau termasuk kategori sedang. Nilai R2 = 0,830 atau 83%. Sumbangan efektif Adversity Quotient sebesar 51,94% dan kompetensi sosial sebesar 31,06%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara Adversity Quotient dan kompetensi sosial dengan intensi berwirausaha, antara Adversity Quotient dengan intensi berwirausaha, dan antara kompetensi sosial dengan intensi berwirausaha mahasiswa Manajemen di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kata Kunci: Adversity Quotient, kompetensi sosial, intensi berwirausaha

×
Penulis Utama : Fitria Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0112044
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Antara Adversity Quotient dan Kompetensi Sosial dengan Intensi Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Manajemen di Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Psikologi-G.0112044-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Machmuroch, M.S., Psikolog.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.