Penulis Utama : Connie Ayu Natanhia
NIM / NIP : C0911007
×

Proyek penciptaan desain motif ini dilatarbelakangi oleh peluang untuk membuat produk baru yang berfokus pada pengolahan visual (motif). Ide visual yang ditawarkan adalah kekayaan alam bahari Indonesia. Sumber ide ini diambil dengan pertimbangan keragaman dan kekayaan bahari di Indonesia yang tidak terbatas serta mampu menarik perhatian wisatawan.
Tujuan penciptaan desain ini adalah menciptakan desain Batik Doodle yang berfokus pada pengolahan visual (motif) dengan memanfaatkan potensi visual kekayaan bahari di Indonesia sebagai sumber idenya.
Metode yang dipakai dalam perancangan desain ini adalah metode desain. Metode desai yang dipakau melalui tiga proses pokok: (1) Proses Eksplorasi (exploration process),proses analisis ini untuk mendalami sejumlah hal. (2) Proses ekstrasi (extration process), yakni proses analisis yang bersifat rangkuman, ekstrasi dan pembuatan kesimpulan atas sejumlah hal. (3) Titik terminasi, suatu titik yang mewakili kondisi awal saat akan memulai suatu kegiatan. Bentuk kegiatan pada titik terminasi berupa kegiatan perencanaan kegiatan, evaluasi, melihat kembali, dan presentasi. Tiga tahapan proses desain tersebut kemudian dijabarkan dalam empat langkah operasional. Yakni: (1) Proses analisis desain dan penetapan target perencanaan. (2) Proses analsis aspek desain penyusunan konsep desain. (3) Proses penjabaran konsep dan pembuatan desain (visualisasi). (4) Proses tes produk.
Hasil dari perancangan desain sebagai berikut: (1) kekayaan bahari di Indonesia sangat kaya dan beragam, banyak juga hasil laut yang diekspor ke luar negeri, dari segi destinasi wisata pun tidak kalah menarik. Banyak turis manca negara berlibur ke Indonesia untuk melihat kekayaan bahari di Indonesia. Potensi alam ini menjadi sumber ide untuk menciptakan desain batik doodle dengan pertimbangan visual kekayaan bahari Indonesia memberikan nuansa yang berbeda dalam mengolah desain motif batik serta belum banyak ditemui sebagai sumber ide motif batik. (2) potensi artistik dan visual dari doodle dipadukan dengan batik menghasilkan desain batik yang inovatif dan memiliki nilai pembeda yang tinggi dibandingkan dengan produk batik lain. Keunikan batik doodle ini bisa menjadi media atau sarana untuk mengkomunikasikan kekayaan dan keberagaman Bahari Indonesia.
Kata Kunci: Perancangan, Desain, Batik Doodle, Bahari, Indonesia

×
Penulis Utama : Connie Ayu Natanhia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0911007
Tahun : 2016
Judul : Kekayaan Bahari Indonesia Sebagai Sumber Ide Perancangan Batik Gaya Doodle
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa dan Desain - 2016
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Seni Rupa dan Desain Jur. Kriya Tekstil-C.0911007-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setyawan, S.Sn, M.A
2. Drs. F. Ari Dartono, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.