Penulis Utama : Ayu Oktavia Rosanti
NIM / NIP : K2510016
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan kemandirian belajar siswa kelas XI TPM C SMKN 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 pada mata pelajaran Gambar Teknik Manufaktur dengan menerapkan model pembelajaran Tutor Sebaya dengan strategi pembelajaran Kerja Kelompok.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TPM C SMKN 2 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Uji validitas data dengan menggunakan metode triangulasi data. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model dan strategi pembelajaran ini dapat meningkatkan keaktifan dan kemandirian belajar siswa. Jumlah siswa yang masuk kriteria aktif meningkat dari 3,3% pada Prasiklus menjadi 28,6% pada Siklus I dan menjadi 96,6% pada Siklus II. Jumlah siswa yang masuk kriteria mandiri mengalami peningkatan dari 0% pada Prasiklus menjadi 10,7% pada Siklus I dan menjadi 93,1% pada Siklus II. Keaktifan belajar secara klasikal meningkat dari 47,9% pada Prasiklus menjadi 69,9% pada Siklus I dan menjadi 85,4% pada Siklus II. Kemandirian belajar secara klasikal meningkat dari 40,9% menjadi 66,1% pada Siklus I dan menjadi 86,2% pada Siklus II. Siswa yang mencapai ketuntasan keaktifan dan kemandirian belajar mengalami peningkatan. Sebanyak 3,3% siswa yang mencapai ketuntasan keaktifan belajar pada Prasiklus meningkat menjadi 46,4% pada Siklus I dan pada Siklus II ketuntasan keaktifan belajar siswa mencapai 100%. Sebanyak 3,3% siswa yang mencapai ketuntasan kemandirian belajar pada Prasiklus meningkat menjadi 35,7% pada Siklus I dan pada Siklus II ketuntasan kemandirian belajar siswa mencapai 100%. Efektivitas penerapan model dan strategi pembelajaran ini berdasarkan lembar pengamatan,  kesimpulan wawancara, serta hasil angket.                     

Kata kunci : Model pembelajaran, Tutor Sebaya, Kerja Kelompok, keaktifan belajar, dan kemandirian belajar.

×
Penulis Utama : Ayu Oktavia Rosanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2510016
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dengan Strategi Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI TPM C pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Manufaktur di SMKN 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2510016-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yuyun Estriyanto, S.T., M.T.
2. Budi Harjanto, S.T., M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.