Penulis Utama : Yasir Mustofa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F.1301154
Tahun : 2003
Judul : Pengaruh tindakan supervisi terhadap profesionalisme akuntan publik yunior dengan kepuasan kerja sebagai variabel moderating
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi-F.1301154-2003
Subyek : AKUNTAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empiris apakah aspek-aspek tindakan supervisi yang disarankan Accounting Education Change Commision berpengaruh terhadap profesionalisme akuntan publik yunior sesuai dengan Standar Profesionalisme Akuntan Publik bagian standar auditing seksi 210 tentang pelatihan dan keahlian auditor independen paragraf 03. Dalam penelitian ini penulis menggunakan kepuasan kerja sebagai faktor moderat yang diduga ikut memperkuat pengaruh tindakan supervisi terhadap profesionalisme akuntan publik yunior.

Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan secara langsung ke seluruh kantor akuntan publik yang ada di Surakarta dan Yogyakarta. Total Kuesioner yang dibagikan sebanyak 61 eksemplar dan 37 kuesioner (60,7%) diantaranya kembali dan memenuhi syarat untuk dianalisis. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan regresi sederhana dan regresi berganda yang disesuaikan dengan variabel moderatingnya.

Dari hasil analisis menunjukkan bahwa semua aspek dalam tindakan supervisi yang terdiri dari kepemimpinan dan mentoring, kondisi kerja dan penugasan berpengaruh terhadap profesionalisme akuntan publik yunior. Akan tetapi hasil penelitian ini tidak berhasil membuktikan bahwa kepuasan kerja yang berfungsi sebagai faktor moderat ikut memperkuat pengaruh antara aspek-aspek tindakan supervisi terhadap profesionalisme akuntan publik yunior. Ketidakberhasilan kepuasan kerja memperkuat aspek-aspek tindakan supervisi dalam mempengaruhi profesionalisme kemungkinan karena perbedaan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dengan penelitian sebelumnya dan karena perbedaan pelaksanaan supervisi, tingkat profesionalisme serta kepuasan kerja yang dirasakan antara akuntan yang bekerja pada kantor akuntan publik besar dan kecil, karena dalam penelitian ini penulis hanya mengambil obyek penelitian pada kantor akuntan publik di Surakarta dan Yogyakarta yang semuanya berkategori kantor akuntan publik kecil.

Keywords : Yunior public accountants, Supervisory action, Leadership and mentoring, Working conditions, Assignments, Professional, Contingency theory, Job satisfaction.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
yasir.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum : 2035/2004
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis