Penulis Utama : Fajar Dewanto
NIM / NIP : I1114031
×

Perkembangan kepemilikan kendaraan bermotor semakin meningkat terutama di Kota Surakarta. Dengan meningkatnya kepemilikan kendaraan bermotor masalah transportasi juga semakin meningkat. Salah satu permasalahan transportasi adalah masalah  perparkiran. Hotel bintang 3 adalah hotel yang  paling banyak di Kota Surakarta. Beberapa diantaranya adalah Hotel Aziza, Hotel Grand sae, Hotel Loji, Hotel Pose In, Hotel Amarelo, Hotel Asia. Masing-masing hotel tersebut memiliki karakteristik dan fasilitas parkir yang berbeda-beda. Untuk mengetahui besarnya kebutuhan ruang parkir hotel perlu dilakukan penelitian mengenai pemodelan kebutuhan ruang parkir kendaraan yang berada di hotel tersebut.

 

Waktu penelitian dilakukan pada hari Sabtu dimulai dari jam 11 siang sampai dengan jam 5 sore. Model dibangun dari analisa regresi linier. Data dalam  penelitian ini terdiri dari data primer, sebagai variabel terikat berupa akumulasi parkir kendaraan (Y), yang didapatkan dari survei kendaraan dengan metode kordon survei, sedangkan data sekunder, sebagai variabel bebas, terdiri dari luas bangunan (X1) dengan satuan (m²), jumlah kamar (X2), tarif kamar (X3), kapasitas ruang meeting (X4) dengan satuan (orang).

 

Hasil analisis diperoleh model terbaik untuk mobil yaitu Y = -2,976 + 0,298 X2 dengan R² = 0,972 sedangkan untuk sepeda motor yaitu Y = -3,180 + 0,443 X4 dengan R² = 0,878. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel jumlah kamar dan kapasitas meeting room merupakan variabel yang berpengaruh dalam kebutuhan ruang parkir ke hotel.

Kata kunci: hotel, pemodelan, regresi, ruang parkir.

×
Penulis Utama : Fajar Dewanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I1114031
Tahun : 2016
Judul : Pemodelan Kebutuhan Ruang Parkir pada Hotel Bintang 3 di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I.1114031-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Handayani, S.T., MT.
2. Amirotul MHM, ST., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.