Penulis Utama : Firdaus Yamani
NIM / NIP : S571102002
×

Pendahuluan

Tindakan amputasi dapat berdampak negatif bagi pasien baik fisik, psikis maupun sosial. Depresi merupakan gejala psikopatologi terbesar yang ditemukan pada pasien pasca-amputasi ekstremitas, yaitu 20-60%. Adanya depresi dan penurunan kualitas hidup pada pasien pasca-amputasi harus dikenali dan ditangani dengan baik oleh para klinisi. Dalam beberapa literatur dan studi dilaporkan psikoterapi efektif untuk menangani depresi dan penurunan kualitas hidup pasca-amputasi ekstremitas.

Tujuan

Tujuan penelitian adalah menilai proses dan manfaat intervensi terapi realitas  terhadap depresi dan kualitas hidup pasien pasca-amputasi ekstremitas.

Metode

Penelitian ini merupakan operational research dengan memberikan intervensi terapi realitas. Intervensi diberikan pada dua subjek yang berbeda jenis kelamin, mengalami depresi dan penurunan kualitas hidup pasca-amputasi ekstremitas. Intervensi dilakukan sebanyak 6 sesi, dilakukan di rumah subjek dan di RSUD Dr. Muwardi pada bulan April-Mei 2016. Penilaian tingkat depresi dan kualitas hidup berdasarkan wawancara terhadap subjek dan keluarga, pengamatan peneliti dan expert serta dibantu dengan instrumen BDI (Beck Depression Inventory), HDRS (Hamilton Depression Rating Scale) dan WHOQOL (The World Health Organization Quality of Life) BREF.

Hasil

Kedua subjek mengalami depresi dan penurunan kualitas hidup pasca-amputasi ekstremitas.Berdasarkan instrumen, didapatkan skor BDI, HDRS dan WHOQOL BREF preterapi realitas subjek I masing-masing sebesar 12 (depresi ringan), 10 (depresi ringan) dan 81(kualitas hidup baik). Pada subjek II, masing-masing sebesar 15 (depresi ringan), 13 (depresi sedang) dan 79 (kualitas hidup baik). Setelah dilakukan terapi realitas didapatkan skor BDI, HDRS dan WHOQOL BREF post-terapi realitas subjek I masing-masing sebesar 8 (tidak depresi), 6 (tidak depresi) dan 88(kualitas hidup baik). Pada subjek II, masing-masing sebesar 10 (tidak depresi), 8 (tidak depresi) dan 91 (kualitas hidup baik).

Kesimpulan

Intervensi terapi realitas dapat memperbaiki depresi dan kualitas hidup kedua subjek.

Kata kunci : terapi realitas, depresi, kualitas hidup, pasca-amputasi ekstremitas

×
Penulis Utama : Firdaus Yamani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S571102002
Tahun : 2016
Judul : Aplikasi Terapi Realitas Terhadap Depresi dan Kualitas Hidup Pasien Pasca-Amputasi Ekstremitas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : PPDS Psikiatri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Psikiatri-S.571102002-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. dr.Muhammad Fanani, SpKJ(K)
2. Prof. Dr. dr. Aris Sudiyanto, SpKJ(K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.