Penulis Utama : Ferry Ferbianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E.0012152
Tahun : 2016
Judul : Pembatalan putusan pengadilan niaga oleh mahkamah agung dalam hal terjadi kesalahan penerapan hukum pembuktian (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor :45 K/Pdt.Sus/2013)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E.0012152-2016
Subyek : HUKUM PEMBUKTIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dua permasalahan. Pertama, alasan hakim pengadilan niaga menolak permohonan pailit sebagaimana dalam putusan nomor: 64/PAILIT/2012/PN.NIAGA.JKT.PST. Kedua, pertimbangan hakim Mahkamah Agung membatalkan Putusan Pengadilan Niaga Pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Nomor : 64/PAILIT/2012/PN.NIAGA.JKT.PST sesuai dengan Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang. 
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian normatif yang bersifat preskriptif dan terapan dengan menggunakan pendekatan undang-undang dan pendekatan kasus. Sumber bahan hukum yang digunakan meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang menggunakan metode studi pustaka sebagai teknik pengumpulan bahan hukum. Teknik analisis yang digunakan adalah metode deduksi. 
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa alasan hakim pengadilan niaga pada pengadilan negeri Jakarta pusat menolak permohonan pailit karena menurut hakim pemohon pailit tidak dapat membuktikan secara sederhana adanya utang. Mahkamah Agung dalam membatalkan putusan pengadilan niaga pada pengadilan negeri Jakarta pusat yang telah salah menerapkan hukum pembuktian dan akhirnya mengabulkan permohonan pailit telah sesuai dengan Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang dimana terdapat prinsip pembuktian yang sederhana, sedangkan hakim pengadilan niaga telah salah dalam menerapkan hukum pembuktian. 
Kata kunci: Hukum Pembuktian, Pengadilan Niaga, Mahkamah Agung

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
IMG_0013.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Harjono, SH., MH
2. Syafrudin Yudowibowo, SH., MH
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum