Penulis Utama : Sarah Kartikawangi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M.0510040
Tahun : 2016
Judul : Penentuan Jenis Infeksi Nifas Dengan Fuzzy Inference System Metode Mamdani
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Jur. Informatika-M.0510040-2016
Subyek : FUZZY INFERENCE SYSTEM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Infeksi masa nifas merupakan peradangan semua alat genitalia pada masa nifas dan merupakan penyebab kematian ibu yang mencapai persentase 11%. Masing-masing jenis infeksi nifas ditandai dengan gejala awal demam. Selain demam masing-masing jenis infeksi nifas juga mempunyai gejala yang hampir sama, seperti adanya nyeri perut, mual, dan gejala lain.

Perlu peran dari tenaga kesehatan agar gejala-gejala yang terjadi pada ibu penderita infeksi nifas dapat di diagnosa dan di beri penanganan yang tepat dan sesuai, tetapi kenyataan yang terjadi seringkali terbentur pada lambatnya penanganan karena terbatas dan tidak meratanya jumlah dokter spesialis dan tenaga kesehatan yang membantu, sedangkan pasien yang harus ditangani cukup banyak. Keterlambatan penanganan infeksi nifas dapat diatasi dengan adanya diagnosa awal. Diagnosa awal infeksi nifas dapat dilakukan dengan bantuan teknologi yang berkembang saat ini, salah satunya dengan Fuzzy Inference System (FIS).

Penelitian ini bertujuan membantu proses diagnosa awal infeksi nifas dengan Fuzzy Inference System berdasar gejala fisik yang tampak, yaitu suhu, mual, menggigil, nyeri kaki, nyeri perut, nyeri luka, bengkak, lochia, masa, dan keadaan umum . Metode FIS yang digunakan adalah metode Mamdani. Pada proses pengujian digunakan 20 data pasien penderita infeksi nifas. Hasil pengujian menunjukkan tingkat akurasi sebesar 90%.

Kata Kunci : Infeksi masa nifas, Fuzzy Inference System, Mamdani.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
sarah.jpg
File Dokumen : JURNAL.pdf
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA