Penulis Utama : Diny Sukmawati Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0112035
Tahun : 2016
Judul : Studi Fenomenologi: Penerimaan Diri pada Keturunan dari Pernikahan Cina-Jawa
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Psikologi-G.0112035-2016
Subyek : PENERIMAAN DIRI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Keturunan dari pernikahan Cina-Jawa akan mengalami kebingungan identitas, yaitu etnis Cina atau etnis Jawa serta mendapatkan perlakuan yang berbeda dan tidak adil dari keluarga besar dan masyarakat terkait dengan identitas etnisnya. Hal tersebut yang membuat keturunan dari pernikahan Cina-Jawa menolak dan menyalahkan identitas etnisnya tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai proses penerimaan diri pada keturunan dari pernikahan Cina-Jawa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan model penelitian fenomenologi. Subjek pada penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposeful sampling. Subjek berjumlah 4 orang, yaitu laki-laki dan perempuan dengan orang tua laki-laki beretnis Cina dan orang tua perempuan beretnis Jawa serta laki-laki dan perempuan dengan orang tua laki-laki beretnis Jawa dan orang tua perempuan beretnis Cina. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan terkait identitas etnis pada beberapa dekade lalu tidak dialami oleh keturunan dari pernikahan Cina-Jawa pada masa sekarang. Keempat subjek tidak mengalami permasalahan terkait identitas etnis yang membuat subjek tersebut merasa inferior sebagai keturunan dari pernikahan Cina-Jawa. Berdasarkan tahap penerimaan diri, subjek 1 dan 3 berada pada tahap self evaluation, yaitu membandingkan penilaian dirinya terhadap teman-temannya terkait dengan identitas etnis, sedangkan subjek 2 dan 4 berada pada tahap real ideal comparison, yaitu kesesuaian antara keturunan Cina-Jawa yang menurutnya ideal dengan dirinya yang sekarang.

 Kata Kunci: Keturunan dari Pernikahan Cina-Jawa, Penerimaan Diri

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
dini.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hardjono, M.Si., Psikolog
2. Nugraha Arif Karyanta, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran