Penulis Utama : Maria Mandalena Marpaung
NIM / NIP : C0912015
×

Permasalahan yang akan di bahas dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana latar belakang polabatik di Magetan (2) bagaimana perkembanganpola batik di Magetan tahun 2014 sampai sekarang (3) bagaimana visualisasi polayang berkembang dalam Batik Magetan dilihat dari azas desain.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui latar belakang pola batik di Magetan(2) mengetahui perkembangan pola batik di Magetan tahun 2014 sampai sekarang (3) mengetahui visualisasi pola yang berkembang dalam Batik Magetan dilihat dari azas desain.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Kabupaten Magetan, meliputi Kecamatan Parang, Kecamatan Magetan dan Kecamatan Plaosan. Sample yang digunakan adalah purposive sampling. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat atau lokasi, benda dan dokumen arsip. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, mengkaji dokumen dan arsip serta perekaman. Teknik analisisi yang digunakan adalah analisis interaktif.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) latar belakang pola batik di Magetan dipengaruhi oleh tokoh masyarakat dengan menjadikan bambu sebagai sumber ide serta visualisasi pola batik Magetan mencerminkan budaya masyarakatnya(2) Perkembangan pola batik Magetan pada tahun 2014 hingga sekarang mengalami beberapa perkembangan dimulai dari munculnya lokasi pembatikan baru yang berpengaruh pada perkembangan teknik maupun perkembangan pola(3) Visualisasi polaBatik Magetan dikelompokkan dalam 3 kelompok yang pertama kelompok geometris seperti Batik Ceplok Bintang, Batik Ceplok Pelangi dan Batik Sekar Jati. Kelompok non geometris antara lain : Batik Bambu Kipas, Batik Simbar Tanduk Rusa, Batik Bunga Mekaran dan Batik Pring Angklung. Kelompok gabungan geometris dan non geometris antara lain Batik Mageta Kumandang dan Bambu Morak Marik. Polabatik Magetan kemudian dianalisis inimenggunakan azas - azas desain yaitu kesatuan, keseimbangan, kesederhanaan dan aksentuasi. Azas desain yang dianalisis merupakan hasil dari kesatuan warna, keseimbangan komposisi, kesederhanaan dalam visualisasi ornamen atau penggayaan dan aksentuasi pada tiap – tiap pola yang menjadi pusat perhatian.
Kata Kunci: latar belakang, perkembangan batik, pola batik.

×
Penulis Utama : Maria Mandalena Marpaung
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0912015
Tahun : 2016
Judul : Kajian Pola Batik Magetan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2016
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSRD- Jur. Kriya Tekstil-C.0912015-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn.
2. Dr. Sarwono, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.