Penulis Utama : Megawati Tutut Handayani
NIM / NIP : C0112036
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yakni: (1) bagaimana unsur struktur yang membangun cerbung Mburu Pusaka karya Al Aris Purnomo berdasarkan teori Robert Stanton? (2) bagaimana regulasi emosi tokoh Nurcahya serta proses kejiwaan? (3) apa makna dan nilai yang diperoleh dari analisis psikologi sastra dalam cerbung Mburu Pusaka karya Al Aris Purnomo?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menjelaskan unsur-unsur struktural yang terdapat dalam cerbung Mburu Pusaka karya Al Aris Purnomo berdasarkan teori Robert Stanton, (2) menjelaskan regulasi emosi tokoh Nurcahya serta proses kejiwaan, (3) mengungkapkan makna dan nilai yang terkandung dari analisis psikologi sastra. Manfaat dari penelitian ini, ada manfaat secara teoretis, hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu memperkaya khasanah pengetahuan dalam perkembangan penggunaan teori-teori sastra khususnya di bidang psikologi sastra dan manfaat secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada pembaca sebagai pelajaran pengendalian emosi. Selain itu penelitian ini dapat dipakai data bagi peneliti lain dengan pendekatan yang berbeda.
Bentuk penelitian ini merupakan penelitian sastra, yaitu suatu penelitian dengan usaha mencari pengetahuan secara kritis di bidang sastra. Metode dekriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah cerbung Mburu Pusaka karya Al Aris Purnomo yang dimuat dalam majalah Jaya Baya pada edisi no 06 minggu II Oktober 2014 sampai dengan edisi no 28 minggu III Maret 2015, yang terdiri dari 23 episode cerita. Data dalam penelitian ini adalah unsur struktural cerbung Mburu Pusaka karya Al Aris Purnomo. Teknik pengumpulan data dengan analisis isi (content analysis), hasil wawancara dan kapustakaan. Teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis dari cerbung Mburu Pusaka karya Al aris Purnomo ini yang pertama, memiliki keterkaitan antar unsur yang membangun seperti fakta-fakta cerita (penokohan, alur, latar), tema dan sarana-sarana sastra (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolis dan ironi). Kedua, Al Aris Purrnomo selaku pengarang cerbung Mburu Pusaka mengungkapkan psikologi Nurcahya yang memiliki Id, Ego, Superego secara seimbang. Ketiga, Al Aris Purnomo mengungkapkan emosi yang terdapat dalam tokoh-tokoh yang ada dalam cerbung Mburu Pusaka. Keempat, Al Aris Purnomo dapat menunjukkan regulasi emosi tokoh Nurcahya dalam cerbung Mburu Pusaka. Terakhir, pada cerbung Mburu Pusaka karya Al Aris Purnomo dapat mengukapkan makna dan nilai yang terkandung dari analisis psikologi sastra yang menunjukan persoalan tentang rasa kepercayaan kepada Tuhan dalam kehidupan manusia.
Kata kunci: Cerbung, Regulasi Emosi, Tokoh Nurcahya, Psikologi Sastra.

×
Penulis Utama : Megawati Tutut Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0112036
Tahun : 2016
Judul : Regulasi Emosi Tokoh Nurcahya dalam Cerbung Mburu Pusaka Karya Al Aris Purnomo (Suatu Tinjauan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2016
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Daerah-C.0112036-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sundari, M. Hum.
2. Dr. Prasetyo Adi WW, S.S, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.