Penulis Utama : Wahyu Adhi Nugroho
NIM / NIP : K4312069
×

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development). Waktu penelitian dan pengembangan bulan Januari sampai Mei 2016. Penelitian bertujuan mengembangkan Subject Spesific Pedagogy (SSP) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk menguatkan sikap peduli lingkungan.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Karanganyar. Sampel yang terpilih adalah kelas VII H dan VII I. Desain penelitian yang digunakan adalah 4D oleh Thiagarajan yang teridir dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develope). Tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena tujuan penelitian hanya sampai pada tahap pengembangan produk berupa SSP berbasis PBL. Karakteristik SSP berbasis PBL yang telah dikembangkan terdapat pada integrasi tahapan pembelajaran berbasis masalah dan kajian materi yang terbatas pada materi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Hasil yang didapatkan dari uji validasi oleh ahli aspek pembelajaran, substansi, tata bahasa, desain, dan guru IPA pada produk pengembangan sebesar 90% untuk RPP dengan kategori sangat layak, 90% untuk modul dengan kategori sangat layak, 90% untuk LKS dengan kategori sangat layak, dan 83% untuk instrumen penilaian dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba terbatas oleh guru dan siswa sebesar 84% dan 79% dengan kategori sangat layak dan layak. SSP berbasis PBL dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas VII SMP N 3 Karanganyar pada materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. Pembelajaran menggunakan SSP berbasis PBL dinyatakan efektif untuk menguatkan sikap peduli lingkungan siswa, yang ditunjukkan dengan peningkatan skor NEP awal sebesar 48,39% menjadi 54,86%. Hasil uji statistika menggunakan uji Paired Sample’s t-Test, yaitu nilai sig= 0,000 < α=0,05, yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara hasil NEP siswa sebelum dan sesudah menggunakan SSP berbasis PBL.
Kata kunci : Pengembangan SSP, Subject Spesific Pedagogy, Model Problem Based Learning, Sikap Peduli Lingkungan

×
Penulis Utama : Wahyu Adhi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4312069
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Subject Specific Pedagogy Berbasis Problem Based Learning untuk Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendididikan Biologi-K.4312069-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puguh Karyanto, S.Si., M.Si., Ph.D.
2. Nurmiyati, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.