Penulis Utama : Tri Murdiono
NIM / NIP : K7111212
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep masalah sosial dalam pembelajaran IPS melalui penggunaan model Picture And Picture dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Pajang IV Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Pajang IV Laweyan yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep masalah sosial dapat meningkat melalui model picture and picture pada siswa kelas IV SDN Pajang IV Laweyan. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya ketuntasan klasikal siswa mulai dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Pada pratindakan, ketuntasan klasikal mencapai 40,62% atau 13 siswa dari 32 siswa, pada siklus I tingkat ketuntasan klasikal mencapai 62,50% atau 20 siswa dari 32 siswa, dan pada siklus II tingkat ketuntasan klasikal mencapai 81,25% atau 26 dari 32 siswa. Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan, pada pratindakan nilai rata-rata kelas mencapai 60,47; pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 71,30; dan pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 73,23.
Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan pemahaman konsep Masalah Sosial dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD N Pajang IV, Laweyan, Surakarta tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci: pemahaman, konsep masalah sosial, picture and picture

×
Penulis Utama : Tri Murdiono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7111212
Tahun : 2016
Judul : Penggunaan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial Dalam Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pajang IV Laweyan Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7111212-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutijan, M.Pd
2. Hadiyah, S.Pd. M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.